SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati suasana Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri, Minggu (16/4/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Objek wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri dipastikan tetap dibuka saat libur Lebaran 2023 meski sebagian lokasi wisata masih dalam proses revitalisasi. Sejumlah hiburan dan tradisi andum ketupat bakal digelar di objek wisata unggulan Wonogiri itu.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Haryanto, mengatakan tetap membuka objek wisata WGM saat libur Lebaran 2023. Dia memastikan pembukaan objek wisata itu tidak akan mengganggu proses revitalisasi di sebagian lokasi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Proses revitalisasi akan tetap berjalan karena mengejar target selesai pada September 2023. Haryanto tidak memungkiri jika proses revitalisasi itu sedikit-banyak akan mengganggu kegiatan wisata.

Wisatawan tidak bisa menikmati semua fasilitas yang ada karena sebagian lokasi wahana bermain juga terkena dampak revitalisasi. Meski begitu, pengelola sudah menyiapkan objek wisata dekat pusat kota Wonogiri itu agar tetap aman dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran. Sudah ada pembatas antara area yang direvitalisasi dan area wisata.

“Ya pasti [kegiatan wisata] pasti agak terganggu. Tapi ya keduanya tetap harus berjalan. Kami sudah persiapkan semuanya ” kata Haryanto saat ditemui Solopos.com di Kompleks Sekretariat Daerah Wonogiri, Selasa (11/4/2023).

Dia melanjutkan selama libur Lebaran 2023 itu, objek wisata WGM Wonogiri bakal mengundang sejumlah seniman musik lokal untuk menghibur para pengunjung. Mereka akan tampil di panggung permanen objek wisata WGM.

Selain itu, tradisi andum ketupat juga bakal digelar di objek wisata WGM Wonogiri tepat sepekan setelah Lebaran 2023. Andum ketupat akan dilaksanakan di lapangan WGM. Pengunjung bisa mengikuti kegiatan itu untuk mendapatkan ketupat yang dibagikan secara gratis itu.

Pengunjung Diprediksi Melonjak

Menurut Haryanto, meski pengunjung diprediksi akan melonjak tajam, tidak ada pembatasan jumlah pengunjung harian  di objek wisata WGM itu. Namun apabila pengunjung membeludak, kendaraan bermotor pengunjung akan diparkir di luar objek wisata WGM.

“Objek wisata lain yang dikelola Pemkab juga akan buka seperti biasa,” ucap dia. Adapun objek wisata yang dikelola Wonogiri selain WGM antara lain Pantai Sembukan, Museum Karst, dan wisata alam Kahyangan Dlepih, Tirtomoyo.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) objek wisata WGM Wonogiri, Pardiyanto, mengatakan harga tiket masuk ke objek wisata WGM Wonogiri naik 25% dari 10.000/lembar tiket/orang menjadi Rp12.500/lembar tiket/orang pada libur Lebaran.

Pengelola menyediakan 90.000 lembar tiket masuk untuk momen tersebut. Kenaikan harga tiket masuk itu berlaku selama sembilan hari mulai 22 April 2023-30 April 2023. Sembilan grup musik lokal akan mengisi hiburan setiap harinya selama sembilan hari tersebut.

Pardiyanto menyampaikan meski ada proses revitalisasi, masih ada sekitar 10 wahana bermain dan mancakrida yang bisa digunakan untuk pengunjung. Begitu pula wisata perahu tetap beroperasi saat libur Lebaran.

“Sebenarnya tidak ada pembatasan jumlah pengunjung. Tapi karena objek wisata WGM sedang direvitalisasi, mengakibatkan lahannya terbatas,” kata Pardiyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya