SOLOPOS.COM - Polres Klaten (Facebook @Polres Klaten)

Solopos.com, KLATEN -- Satlantas Polres Klaten bakal menjalankan Operasi Lilin 2020 pada 21 Desember 2020-4 Januari 2021. Sepanjang Operasi Lilin berlangsung, polisi fokus mengajak para pengendara menaati protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah Rachman, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, mengatakan jumlah personel yang diterjunkan selama Operasi Lilin mencapai 152 orang. Hal tersebut termasuk 30 anggota yang tergabung di tiga tim pengurai lalu lintas di Jalan Solo-Jogja.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

"Operasi Lilin ini merupakan operasi kemanusiaan. Nantinya, anggota akan fokus ke pengamanan masyarakat. Di sini, kami akan menitikberatkan ke protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19," katanya kepada Solopos.com, Kamis (17/12/2020).

Viral Aksi Heroik Warga Selamatkan Bocah yang Hanyut di Sungai

Protokol kesehatan dimaksud seperti memakai masker saat berkendara, menghindari kerumunan, dan lainnya. Menurutnya, disiplin menaati protokol kesehatan menjadi kunci utama mencegah persebaran virus corona.

Lebih lanjut, AKP Bobby Anugrah Rachman mengimbau ke warga Klaten agar tetap stay at home selama memasuki liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Anggota akan aktif mengimbau ke masyarakat agar tetap di rumah. Kami berharap jangan sampai ada klaster Covid-19. Nantinya, kami juga akan menindak tegas terhadap pengendara kendaraan yang konvoi di jalanan," katanya.

Tiga Titik Pos Pengamanan

Kasatlantas mengatakan pemantauan selama Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 akan difokuskan di tiga titik pos pengamanan (pospam). Masing-masing berada di Delanggu, Alun-alun Klaten, dan Prambanan.

"Jika memang terjadi arus yang padat, nantinya segera diurai oleh tim pengurai," katanya.

Komnas HAM Temukan Perbedaan di Foto Jenazah Laskar FPI

Terpisah, Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan disiplin menaati protokol kesehatan sangat penting dilakukan seluruh elemen masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Kami mengimbau ke warga agar tetap berada di rumah. Jika terpaksa keluar rumah, wajib menggunakan masker, menghindari kerumunan, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat," katanya.

Gawat! Perampok Bersenjata Satroni Alfamart di Jalan Solo-Sragen Kebakkramat, Puluhan Juta Rupiah Dibawa Kabur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya