SOLOPOS.COM - Satlantas Polres Wonogiri menegur pelanggar peraturan lalu lintas di kawasan Kota Wonogiri saat Operasi Patuh Candi 2023 baru-baru ini. (Istimewa/Humas Polres Wonogirj)

Solopos.com, WONOGIRI — Aparat Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Wonogiri mencatat ribuan pelanggaran peraturan lalu lintas dalam Operasi Patuh Candi 2023 yang digelar di wilayah hukum setempat selama dua pekan mulai 10 Juli 2023-23 Juli 2023. Selain itu tercatat puluhan kecelakaan lalu lintas dengan satu korban jiwa.

Kapolres Wonogiri, AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, melalui Kasi Humas, AKP Anom Prabowo, kepada Solopos.com, Selasa (25/7/2023), mengatakan selama dua pekan gelaran Operasi Patuh Candi 2023 itu ada 2.103 penindakan pelanggaran peraturan lalu lintas menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dari angka itu, total pelanggaran yang sudah cetak konfirmasi tercatat sebanyak 1.830. Selain menindak pelanggaran melalui ETLE, jajaran Satlantas Polres Wonogiri juga menindak pelanggar dengan tilang manual dan teguran.

Menurut AKP Anom, terdapat 357 kasus pelanggaran yang ditindak dengan tilang manual. Sedangkan pemberian teguran tercatat sejumlah 645 kasus.

“Selama operasi tersebut tercatat ada 22 kasus kecelakaan lalu lintas di Wonogiri. Satu orang di antaranya meninggal dunia dan 22 orang mengalami luka ringan,” kata AKP Anom.

Diketahui, kecelakaan dengan adanya korban jiwa itu terjadi Jalan Desa Gambiranom-Desa Balepanjang, Dusun Bangunharjo, Desa Gambiranom, Kecamatan Baturetno pada Sabtu (15/7/2023 ) lalu. Kerugian material akibat kecelakaan-kecelakaan yang terjadi ditaksir senilai Rp21,8 juta.

Lebih jauh, AKP Anom mengatakan dengan adanya operasi itu diharapkan kesadaran masyarakat untuk berlalu lintas dengan tertib bisa lebih meningkat. Dengan begitu, angka fatalitas akibat kecelakaan bisa ditekan seminimal mungkin.

“Mayoritas pelanggaran yang dilakukan pengendara yaitu tidak memakai helm,” imbuhnya.

Dia menambahkan, selama Operasi Patuh Candi 2023, anggota Satlantas Polres Wonogiri juga melakukan edukasi ke sekolah-sekolah. Ini dilakukan agar para siswa juga bisa memahami bagaimana berkendara dengan aman, nyaman, dan menaati aturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya