SOLOPOS.COM - Anggota Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Soloraya berfoto bersama seusai halalbihalal di Loji Gandrung Jl Slamet Riyadi, Lweyan, Solo, Minggu (22/5/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Ketua DPC Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Solo, Sutarto, menyerukan kepada seluruh anggota GMNI dan alumni GMNI tak memakai atribut dan logo organisasi untuk mendukung calon dan parpol tertentu.

Hal itu dia sampaikan menyikapi adanya agenda deklarasi 1.000 alumni muda Cipayung dan pemuda se-Soloraya mendukung Gibran Rakabuming Raka Menuju Indonesia Maju. Acara itu akan digelar pada Kamis (21/12/2023) di Timuran, Banjarsari, Solo.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Setelah kami cek ke teman-teman GMNI & PA GMNI ternyata unsur dari GMNI & PA GMNI tidak pernah dihubungi tidak tidak hadir dalam  setiap rapat yang membahas itu. Penyelenggara hanya main klaim,” ungkap dia, Rabu (20/12/2023).

Sutarto menyatakan GMNI dan PA GMNI merupakan organisasi masyarakat yang independen dan tak berafiliasi, maupun menjadi bagian parpol atau capres-cawapres tertentu. Bila ada dukungan politik menurut dia sebatas hak pribadi masing-masing.

“Kami tidak menjadi bagian parpol, capres-cawapres tertentu. Kami independen, hanya saja apabila ada pribadi-pribadi GMNI dan alumni GMNI mendukung, itu hak pribadi politik mereka. Tidak ada kaitannya organisasi GMNI atua PA GMNI,” urai dia.

Sutarto mengatakan dirinya menyampaikan seruan itu sebagai respons atas adanya rencana deklarasi pendukungan sekelompok orang kepada Cawapres tertentu. Mereka dinilai mencatut logo GMNI untuk rencana kegiatan pada Kamis malam itu.

“Jadi ini untuk mengantisipasi adanya pengambilan, pencatutan logo GMNI maupun PA GMNI yang dilakukan seseorang yang suratnya tidak ada nama penanggung jawabnya. Hanya ada tandatangan, tidak ada nama terang penanggung jawabnya,” ujar dia.

Sutarto mengaku telah menginstruksikan agar anggota GMNI dan alumni GMNI tidak datang dalam acara tersebut. “Adik-adik GMNI dan alumni GMNI untuk tidak hadir dalam acara pendukungan salah satu capres maupun cawapres itu,” terang dia.

Sementara berdasarkan gambar surat agenda acara yang diperoleh Solopos.com, penyelenggara mengatasnamakan Aliansi Alumni Muda Cipayung dan Pemuda Soloraya. Mereka akan deklarasi mendukung Cawapres Gibran menuju Indonesia maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya