SOLOPOS.COM - Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, saat diwawancarai wartawan di kantornya, Jumat (2/9/2022) siang. Ada lima parpol yang akan mendaftarkan bacaleg ke KPU pada Jumat (12/5/2023). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO–Sebanyak lima partai politik (parpol) akan mendaftarkan Bacaleg mereka untuk DPRD Solo ke KPU Solo, Jumat (12/5/2023) pagi hingga sore. Hari ini dipastikan menjadi hari yang padat bagi jajaran KPU Solo.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, saat diwawancara Solopos.com, Kamis (11/5/2023) malam, mengatakan lima parpol itu sudah memberitahu pihaknya ihwal rencana pendaftaran Bacaleg di Pemilu 2024.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Besok [Jumat] ada lima parpol akan mendaftarkan Bacaleg-nya. Mulai dari Partai Demokrat pukul 09.30 WIb, Partai Golkar pukul 13.00 WIB, PAN pukul 14.00 WIB, PSI pukul 15.00 WIB, Perindo pukul 15.30 WIB,” ujar dia.

Nurul mengatakan sebenarnya ada parpol lain yang semula juga akan mendaftarkan Bacaleg ke KPU Solo pada Jumat. Parpol tersebut yakni Partai Gelora. Namun pengurus partai itu belum memberikan konfirmasi jamnya.

Sedangkan pada Sabtu (13/3/2023) pukul 13.00 WIB giliran Partai Gerindra yang akan mendaftarkan Bacaleg. Setelah Partai Gerindra, ada PKB yang telah memberi tahu KPU Solo akan mendaftarkan Bacaleg pukul 14.00 WIB.

Sementara, Partai Ummat yang semula akan mendaftarkan Bacaleg pada Sabtu, berubah menjadi Minggu (14/5/2023). Hal yang sama terjadi kepada Partai Buruh. Pada hari terakhir itu pendaftaran dilayani hingga pukul 23.59 WIB.

“Yang belum memberikan konfirmasi sampai hari ini PPP, PKN [Partai Kebangkitan Nusantara] dan PBB,” terang dia. Nurul berharap pengurus tiga parpol itu segera memberitahu kapan mendaftarkan Bacaleg nya.

Sebelumnya, PKS menjadi parpol pertama yang mendaftarkan 45 Bacaleg ke KPU Solo. Mereka mendaftar serentak nasional pada Senin (8/5/2023). PKS menargetkan sembilan kursi DPRD Solo di Pemilu.

Lalu ada PDIP dan Partai Nasdem yang mendaftar Bacaleg pada Kamis (11/5/2023). Mereka juga mengisi penuh jumlah kursi yang tersedia. PDIP menargetkan perolehan 35 kursi DPRD Solo.

Sedangkan Partai Nasdem menargetkan 10 kursi DPRD Solo, dengan perincian dua kursi di setiap dapil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya