SOLOPOS.COM - Ribuan pelajar mengikuti apel akbar Milad Muhammadiyah di Lapangan Sumber, Banjarsari, Sabtu (18/11/2023). (Istimewa/PDM Solo)

Solopos.com, SOLO — Sekitar 7.000 pelajar mengikuti apel akbar Milad ke-111 Muhammadiyah di Lapangan Sumber, Banjarsari, Solo, Sabtu (18/11/2023). Mereka memakai seragam Hizbul Wathan yang merupakan gerakan kepanduan di Muhammadiyah.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Solo, Anwar Sholeh, mengatakan para peserta apel akbar itu merupakan para pelajar Muhammadiyah dari TK hingga SMA/SMK Muhammadiyah. Tak hanya itu, pengurus Aisyiyah dan lembaga amal usaha Muhammadiyah turut hadir dalam kegiatan itu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami ingin semangat kepanduan yang diusung Hizbul Wathan yang menekankan pada akidah Islam dalam setiap kegiatannya,” kata dia, sesuai keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Sabtu.

Pada Milad Muhammadiyah 2023 tema yang diusung yakni Ikhtiar Menyelamatkan Semesta. Dia berpesan agar warga Muhammadiyah selalu mewujudkan kebaikan dan menghindari hal-hal yang merusak semesta.

Disinggung soal sikap politik Muhammadiyah dalam Pemilu 2024, Anwar menyebut organisasinya senantiasa menjaga kedekatan dan jarak terhadap semua kontestan pemilu. Muhammadiyah mengharapkan kontestasi politik berjalan aman, lancar, dan damai.

“Ke depan, kami berharap Muhammadiyah semakin unggul baik dalam pelayanan kesehatan, pendidikan dan kegiatan yang berhubungan erat dengan kemasyarakatan,” kata dia.

Sementara itu, pembina apel akbar Milad Muhammadiyah, Joko Riyanto, mengatakan ada makna khusus dalam risalah berkemajuan hasil Muktamar Muhammadiyah di Solo. Pesan khusus itu meliputi tauhid bersumber pada Al-Quran dan As Sunah, menghidupkan ijtihad dan tajdid, mewujudkan rahmat bagi alam, menjunjung tinggi kemuliaan manusia tanpa ada diskriminasi.

Selain itu, Islam yang menggelorakan anti perang, anti terorisme, dan eksploitasi alam yang dapat menghancurkan semesta. “Muhammadiyah berkomitmen terus mengembangkan pandangan Islam yang berkemajuan sebagai spirit awal kelahiran yang diperkenalkan oleh pendiri Muhammadiyah,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya