SOLOPOS.COM - Petugas mengemas paket pos di bagian pelayanan Kantor Pos Sukoharjo, Rabu (1/8). Pengiriman paket pos mengalami peningkatan sejak Juli, bersamaan dengan Bulan Puasa 1433 Hijriah. (JIBI/SOLOPOS/Triyono)

Petugas mengemas paket pos di bagian pelayanan Kantor Pos Sukoharjo, Rabu (1/8). Pengiriman paket pos mengalami peningkatan sejak Juli, bersamaan dengan Bulan Puasa 1433 Hijriah. (JIBI/SOLOPOS/Triyono)

SUKOHARJO-Kantor Pos Sukoharjo mulai kebanjiran pengiriman paket pos sejak Juli bersamaan dengan awal Bulan Puasa. Peningkatan kiriman paket pos diperkirakan terus berlanjut sampai mejelang perayaan Lebaran 1433 Hijriah pada dua pekan mendatang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Manajer Pelayanan Kantor Pos Sukoharjo, Ika Prima, menyebutkan pengiriman terutama meningkat untuk paket kilat khusus. Tingkat kenaikan lebih dari 50% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Dia mengatakan paket kilat khusus pada Juni sebanyak 120 item, sedangkan pada Juli bertambah menjadi 189 item.

“Paket pos meningkat cukup signifikan sealma Juli. Isi paket mulai makanan, pakaian, atau barang-barang lain,” ungkapnya dijumpai Solopos.com di Kantor Pos Sukoharjo, Rabu (1/8/2012).

Ika menjelaskan terdapat dua petugas reguler yang melayani jasa pengiriman paket pos di Kantor Pos Sukoharjo. Namun jika dibutuhkan sebagai antisipasi lonjakan lebih besar jelang Lebaran, kata dia, jumlah petugas mungkin saja ditambah guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Dikemukakan pula, alamat tujuan paket domestik atau dalam negeri umumnya ke luar Pulau Jawa dan terbanyak ke Papua. Menurut Ika, sejumlah isi paket pos merupakan barang-barang perniagaan dan tidak tertutup kemungkinan dikirim dengan maksud akan diperdagangkan lagi di alamat tujuan.

“Seperti paket domestik, pengiriman paket ke luar negeri meningkat, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Rata-rata tujuannya ke Jepang, sebagian lainnya ke Singapura,” paparnya.

Manajer Proses dan Antaran, Rindarto, menambahkan peningkatan pengiriman paket pos juga terjad dengan alamat penerima warga Sukoharjo. Data Kantor Pos Sukoharjo, sebelum Puasa jumlah paket pos yang ditujukan ke Sukoharjo hanya 20-30 item, tetapi puasa meningkat dua atau tiga kali lipat.

“Dalam situasi normal kiriman (paket) ke sukoharjo hanya 20 sampai 30 item per hari. Tapi masuk Bulan Puasa, angkanya bisa bertambah jadi lebih dari 60 item,” terangnya.

Dia menambahkan Kantor Pos Sukoharjo akan membuka Dinas Pelayanan Publik satu hari sebelum dan satu hari sesudah Lebaran 1433 Hijriah. Langkah tersebut untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Terutama untuk mendistribusikan paket-paket dalam rangka perayaan Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya