SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat foto yang dipajang di salah satu stan Pameran Ilmiah, Seni dan Pekan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di halaman kantor LPP/LPPM UNS, Kampus Kentingan, Solo, Selasa (11/3/2014). Pameran tersebut merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-38 UNS. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Unit Kegiatan Mahasiswa FISIP Fotografi Club (FFC) UNS Solo menggelar 27 karya fotografi terbaik hasil jepretan anggotanya sepanjang 2005-2014. Beragam karya yang mewakili street photography¸ foto jurnalistik, foto model, hingga foto cerita, ditampilkan dalam Pameran Ilmiah, Seni, dan Pekan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di pelataran kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Kampus Kentingan Solo, Jawa Tengah, Selasa (11/3/2014).

Pameran foto yang menjadi rangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis ke-38 UNS ini dihelat mulai Senin-Rabu (10-12/3/2014). Menilik karya yang dipamerkan dalam pameran ini, sejumlah karya foto anggota klub fotografi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo itu rupanya sudah melangkah jauh keluar dari kampus.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Anggota FFC seperti Agus Susanto, Yuniadi Agung, Wawan H. Prabowo, Hafidz Novalsyah, hingga Arum Tresna, saat ini tercatat sebagai fotografer profesional independen maupun tergabung di sejumlah media. Salah satunya foto human interest yang menampilkan keceriaan seorang anak berusia balita yang menarik kopor kecil berwarna oranye. Kebahagiaan anak kecil bertopi biru ini kontras dengan tubuhnya yang telanjang tanpa baju.

Sementara perempuan yang berdiri di sampingnya, tampak cuek berlalu sambil melirik anak kecil yang ada di sebelahnya. Foto yang diambil Arum Tresna di Waisor, Papua ini menampilkan ironi keindahan perbukitan batu di tanah Irian yang belum tersentuh pembangunan. “Banyak dari senior kami yang sekarang sudah jadi fotografer tenar di luar tapi masih memberikan kontribusi di FFC. Keanggotaan kami seumur hidup. Mereka secara berkala membagikan ilmunya buat kami,” terang Arkhan Faturahman, Ketua FFC UNS Solo, saat berbincang di sela pameran.

Menurut Arkhan, saat ini FFC tercatat memiliki 90 anggota aktif yang setiap tahun rutin menggelar pameran besar. Sementara anggota FFC yang sudah meninggalkan kampus, imbuhnya, bergantian memberikan workhsop dan sarasehan fotografi di FISIP UNS Solo.

Lewat gelar karya foto anggota FFC, Arkhan berharap pengunjung bisa mendapatkan inspirasi dari  karya yang dipamerkan. “Kami berharap pengunjung dan yang melihat pameran ini bisa mendapatkan inspirasi dari foto yang dipamerkan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya