SOLOPOS.COM - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berdiskusi dengan Habib Hasan bin Anis Al-Habsyi saat peringatan Haul Habib Ali di Pasar Kliwon, Solo, Selasa (15/11/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–Peringatan Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di area Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo tak hanya menyedot umat muslim melainkan tokoh nasional dan para pejabat.

Meski tak diundang, mereka berinisiatif menghadiri peringatan Haul Habib Ali bersama puluhan ribu umat muslim dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Saat peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi pada 2022, Anies Baswedan ikut menghadiri kegiatan tersebut. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kini resmi maju sebagai bakal calon presiden (capres) yang diusung Partai Nasdem, PKB, dan PKS.

Kala itu, Anies tak sendirian saat menghadiri peringatan Haul Habib Ali. Dia ditemani Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang kini berpeluang besar menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam kontestasi politik 2024.

Mereka disambut keturunan dan kerabat keluarga Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi selaku panitia acara peringatan haul.

“Panitia peringatan haul tidak pernah mengundang tokoh nasional maupun figur lain. Ini menjadi kebiasaan dan rutinitas saat peringatan haul. Jadi tidak ada undangan khusus untuk siapapun,” kata seorang tokoh masyarakat Pasar Kliwon, Abdullah A.A., saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (22/10/2022).

Abdullah menyampaikan Anies dan Gibran berinisiatif sendiri menghadiri peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Gibran datang selaku pemangku wilayah Kota Solo. Sedangkan, Anies selaku tokoh nasional di Tanah Air.

Ditanya soal kemungkinan tokoh nasional atau pejabat yang menghadiri peringatan Haul Habib Ali, ia menyampaikan tidak mengetahui secara pasti.

“Biasanya, jika ada tokoh nasional atau pejabat akan memberi tahu panitia pada beberapa hari sebelum peringatan haul. Misalnya, Pak Anies terlebih dahulu menghubungi panitia sebelum haul. Jadi, tidak ada undangan-undangan khusus, justru mereka yang datang sendiri ke acara haul,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya