SOLOPOS.COM - Warga melintas di sekitar ratusan lampion yang dipasang di kawasan Pasar Gede di Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Solo, Rabu (17/1/2024). Ratusan lampion telah dipasang di kawasan Pasar Gede yaitu di sekitar Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Jalan RE Martadinata, Tugu jam Pasar Gede, dan di Jembatan Pasar Harjo Nagoro untuk menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Imlek 2024. (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO– Panitia Bersama Imlek 2575/2024 akan menyalakan lebih kurang 5.000 lampion secara serentak untuk memeriahkan Imlek di Jl Jenderal Sudirman-Jl Jenderal Urip Sumoharjo, Solo sampai akhir Februari.

Wakil Ketua Umum Perkumpulan Masyarakat Surakarta Sumartono Hadinoto menjelaskan lampion sedang dalam tahap instalasi. Lampion akan dinyalakan secara serentak dalam waktu dekat sampai akhir Februari 2024.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kami menunggu sampai semua terpasang. Sekarang ini kondisi cuaca kadang hujan jadi pemasangan agak terlambat. Rencananya lampion dinyalakan satu bulan sampai akhir Februari,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (23/1/2024).

Sumartono mengatakan ada 5.000 lampion yang akan menghiasi Jl Jenderal Sudirman dan Jl Jenderal Urip Sumoharjo berwarna merah, kuning, dan hijau. Lampion warna merah akan mendominasi.

Selain lampion, kata dia, panitia telah memasang instalasi lampu 12 shio, dua naga, dewa uang di Jl Jenderal Sudirman. Sedangkan di Plasa Balai Kota Solo akan dihiasi instalasi lampu dua naga yang berputar, koi, koko meimei, dan naga terbang.

“Kami mengantisipasi instalasi rusak akibat cuaca hujan angin dengan memasang pemberat dengan karung pasir,” jelas dia.

Menurut dia, Panitia Bersama Imlek 2575/2024 berkolaborasi dengan panitia Grebeg Sudiro untuk memeriahkan Imlek di Kota Solo. Panitia Bersama Imlek 2575/2024 akan menggelar donor darah, Selasa (6/2/2024).

Selanjutnya penyalaan kembang api berdurasi 20 sampai 30 menit, Sabtu (10/2/2024) dini hari, kirab liong barongsai, Sabtu (24/2/2024), dan Cap Go Meh di Balai Kota Solo, Minggu (25/2/2024).

“Panitia Grebeg Sudiro menggelar atraksi setiap sore mulai 8 sampai 10 Februari 2024,” ujar dia.

Lurah Sudiroprajan Asthywiana Swastiyani Leo menjelaskan rangkaian Grebeg Sudiro hampir sama seperti tahun-tahun sebelumnya, antara lain Umbul Mantram sebagai kegiatan pembuka berupa doa bersama untuk kelancaran segala rangkaian acara, Sabtu (27/1/2024).

Selanjutnya ada bazaar UMKM, potensi Kelurahan Sudiroprajan, dan perahu hias dengan venue utama di sekitar Pasar Gede Solo. Karnaval budaya, Minggu (4/2/2024). Grebeg Sudiro 2024 mendapatkan dukungan dari Kemenparekraf melalui Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan.

“Jadi akan ada sesuatu yang baru, yaitu Heritage and Harmony Music Sudiro. Itu akan kami laksanakan pada 22 Februari 2024 dengan lokasi di Tirtonadi Hall Convention Center,” ujarnya.

Dia mengatakan pertunjukan musik masih dalam pembahasan. Informasi detail mengenai pertunjukan itu, termasuk apakah berbayar atau gratis akan disampaikan dalam waktu dekat kepada masyarakat.

Asthy menjelaskan tidak ada Car Free Night selama rangkaian Grebeg Sudiro 2024 berlangsung. CFD ditiadakan sesuai evaluasi Grebeg Sudiro 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya