SOLOPOS.COM - Para personel Panwascam 20 kecamatan belajar konten kreatif dan kehumasan di Bawaslu Sragen, Selasa (11/11/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Puluhan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 20 kecamatan di Kabupaten Sragen belajar manajemen konten media sosial dan kehumasan di Aula Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen, Selasa (12/12/2023). Pembelajaran itu untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam menjalankan fungsi pengawasan kampanye di media sosial.

Anggota Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sragen, Sumadi, mengatakan pihaknya mengundang para personel humas di seluruh panwascam untuk belajar membuat konten dan flyer. Dengan memahami konten media sosial, ujar dia, maka para panwascam bisa melakukan pengawasan di media sosial.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kami mendatangkan pegiat konten kreatif dari Yogyakarta, Arif Gunawan. Sebenarnya kami melakukan dua kegiatan, yakni gugus tugas pengawasa di internet dan media sosial. Tujuannya memastikan pengawasan konten di Internet, seperti berita hoaks dan seterusnya. Para petugas humas bisa menjadi penangkal atas isu-isu hoaks itu,” ujar Sumadi.

Dari pelatihan ini diharapkan anggota Panwascam dapat membuat konten media sosial yang menarik dengan memberi daya tarik bagi masyarakat untuk membaca atau melihat. Medsos juga menjadi sarana efektif untuk menyosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang kepemiluan.

“Kami juga mengundang Masyarakat Antifitnah Indonesia Soloraya dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sragen. Harapannya kampanye itu dapat berlangsung secara positif,” ujarnya.

Sementara itu, pegiat konten kreatif dari Yogyakarta, Arif Gunawan, menyampaikan petugas humas harus memahami fungsinya yakni sebagai penyampai informasi.

“Jadi humas harus bisa menyajikan produk Bawaslu dengan tampilan menarik agar publik mau mengakses. Jadi tantangan Panwascam itu bagaimana membuat generasi sekarang lebih melek tentang pemilu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya