SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Sekitar 200 kelompok kesenian hadrah dari wilayah Soloraya dan sekitarnya dipastikan akan tampil dalam Parade Hadrah yang digelar untuk memperingati Isra’ Mi’raj, Minggu (17/6/2012).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Para peserta akan berjalan mulai dari Lapangan Kotabarat melalui sepanjang Jl Slamet Riyadi sampai Balaikota Solo. Menurut keterangan pihak panitia dengan jumlah personel masing-masing kelompok yang berkisar antara 20-500 orang, diperkirakan akan ada lebih dari 6.000 orang yang berparade.

“Tahun ini merupakan kali keempat kami menggelar parade hadrah, yang digelar setiap Isra’ Mi’raj. Tujuan kami adalah menggemakan lagi kesenian hadrah yang belakangan sudah hampir punah,” jelas Ketua Umum Panitia Penyelenggara, Samachin dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Jumat (15/6/2012),

Samachin mengungkapkan, acara bertajuk Parade Hadrah Solo Bersalawat itu akan dimulai pukul 08.00 WIB di Lapangan Kotabarat dengan upacara pemberangkatan oleh Walikota Solo, Joko Widodo. Setelah itu, peserta berjalan kaki melewati ajang car free day (CFD) Jl Slamet Riyadi hingga halaman balaikota.

Di halaman balaikota, para peserta akan berbarengan menabuh rebana. Namun demikian, puncak atraksi ada di depan Plasa Sriwedari. Di tempat itu akan ada pertunjukan Tari Sufi, unjuk kanuragan dan atraksi menarik mobil memakai gigi.

Kepala Disbudpar, Widdi Srihanto, yang ikut mendampingi panitia dalam konferensi pers itu mengatakan pemkot sangat mendukung acara itu dengan harapan bisa menambah khasanah seni budaya yang bisa dikembangkan sebagai ikon dan daya tarik wisata Solo.  Untuk membantu penyelenggaraan acara itu, Widdi mengungkapkan pemkot memberikan bantuan hibah senilai Rp50 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya