SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota partai politik (parpol) di Wonogiri berfoto bersama komosioner KPU dan anggota Bawaslu selepas mengikuti sosialisasi pencalonan DPD RI di salah satu rumah makan di Wonogiri, Selasa (20/12/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI —  Para pengurus partai politik (parpol) di Wonogiri mulai bergerak menyiapkan berkas persyaratan pengajuan bakal calon legislatif atau bacaleg DPRD pada Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Informasi yang diperoleh Solopos.com, dua hari pertama pendaftaran bacaleg, Senin-Selasa (1-2/5/2023), belum ada satu pun parpol yang mengajukan bacaleg KPU Wonogiri. Namun demikian, sejumlah parpol sudah menyiapkan persyaratan untuk segera mendaftarkan bacaleg.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu Partisipasi dan Humas KPU Wonogiri, Nursahid Agung Wijaya, saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (2/5/2023), mengatakan ada 17 parpol peserta Pemilu 2024 yang ada kepengurusan di Wonogiri.

Dari jumlah itu, belum ada yang mengajukan daftar bacaleg DPRD ke KPU Wonogiri hingga Selasa. Belum juga ada pemberitahuan dari parpol soal kapan mereka akan mengajukan daftar bacaleg.

“Kami imbau kepada parpol untuk memberi tahu kami dulu sehari sebelum pengajuan. Memang tidak harus, tapi ini biar memudahkan koordinasi,” kata Sahid.

Koordinasi itu, menurut Sahid, perlu dilakukan agar parpol ketika datang ke KPU Wonogiri dalam kondisi siap, termasuk segala persyaratan yang harus diserahkan ke KPU. Dengan pemberitahuan sehari sebelum pengajuan, parpol bisa mengonsultasikan apa saja terkait pengajuan bacaleg.

“Jadi misal nanti ada kurang berkas, kami bisa beritahu sebelum mereka datang ke sini. Mereka jadi punya waktu untuk melengkapi,” ujar dia. Sahid juga berharap parpol mengajukan daftar bacaleg DPRD ke KPU Wonogiri sesegera mungkin.

Perbaikan Berkas

Dia tidak menyarankan parpol mengajukan bacaleg pada masa-masa akhir sebelum pentupan pendaftaran. Hal itu untuk mengantisipasi apabila parpol perlu melakukan perbaikan terutama terkait berkas formulir pengajuan dan formulir daftar bacaleg. 

“Walaupun nanti ada masa perbaikan, hal itu tidak berlaku untuk dua berkas itu, melainkan hanya perbaikan persyaratan administrasi. Kalau dua berkas formulir itu tidak bisa diberikan selama masa pengajuan bacaleg, berarti tidak diajukan,” jelas Sahid.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Wonogiri, Joko Sutopo, menyampaikan sudah menyiapkan berkas-berkas yang menjadi syarat pendaftaran bacaleg DPRD ke KPU Wonogiri.

PDIP Wonogiri akan mengajukan 50 bacaleg atau 100% dari kuota masing-masing lima daerah pemilihan (dapil) di Wonogiri. Dia belum bisa memastikan kapan partainya akan mengajukan bacaleg ke KPU. Saat ini mereka masih fokus melengkapi bekas persyaratan.

Lelaki yang akrab disapa Jekek itu enggan memberikan angka pasti berapa target kursi DPRD Wonogiri yang diraih pada Pemilu Legislatif 2024. Saat ini PDIP menduduki 28 kursi atau 56% dari 50 kursi yang tersedia di DPRD Wonogiri.

Ditanya Solopos.com kemungkinan PDIP meraih 80% kursi di DPRD Wonogiri pada Pemilu Legislatif mendatang, Jekek menyebut hal itu mungkin saja terjadi.

“Kalau dibilang mungkin ya mungkin. Dalam politik itu pasti mungkin, tapi bisa naik, juga bisa turun. Yang pasti dalam politik adalah ketidakpastian,” kata Jekek yang juga Bupati Wonogiri itu.

Pemeriksaan Kesehatan

Wakil Ketua DPC PKB Wonogiri, Witanto, menyampaikan pengajuan bacaleg DPRD dari PKB akan dilakukan secara serentak secara nasional. Namun hal itu belum bisa dipastikan kapan.

DPC PKB Wonogiri masih menunggu instruksi dari dewan pimpinan pusat PKB. Pada sisi lain, DPC sudah menyiapkan bacaleg yang akan diajukan. Ada 50 bacaleg yang akan diajukan DPC PKB Wonogiri untuk berkontestasi dalam Pemilu Legislatif 2024.

“Besok kami akan ke RSUD Wonogiri untuk pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu syarat pengajuan bacaleg. Sudah kami persiapkan dan kami optimistis masih bisa meraih suara,” kata Witanto.

Dia melanjutkan sekarang PKB mempunyai tiga kursi di DPRD Wonogiri. Target minimal pada Pemilu mendatang bisa naik 100% dari jumlah kursi yang dimiliki saat ini yaitu enam kursi.

Konsolidasi internal juga sudah dilakukan kepada kader-kader partai bercorak hijau ini. Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gelora Wonogiri, Sriyadi, mengungkapkan saat ini bacaleg dari partainya masih dalam proses menyelesaikan administrasi internal partai di Sismira (Sistem Administrasi Gelora).

Sebagai parpol baru, Gelora akan mengajukan minimal 25 bacaleg pada Pemilu 2024. “Minimal ada satu caleg di setiap kecamatan di Wonogiri dari partai kami,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya