SOLOPOS.COM - Ketua Kwarcab Kabupaten Karanganyar, Kurniadi Maulato, berfoto bersama Arvian Adi Saputro (kiri) dan Danis Nuraini Cahya (kanan) dari SMA Negeri 1 Karanganyar yang terpilih sebagai Duta Pramuka Kabupaten Karanganyar 2022. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Arvian Adi Saputro dan Danis Nuraini Cahya dari SMA Negeri 1 Karanganyar terpilih sebagai Duta Pramuka Kabupaten Karanganyar 2022. Keduanya mampu menyingkirkan 26 peserta lain dari berbagai sekolah.

Pemilihan Duta Pramuka digelar selama tiga hari, Jumat-Minggu (26-28/8/2022) di Gedung Teater Bhineka Tunggal Ika, Karanganyar.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Panitia Bidang Humas, Rilo Eko Pambudi, mengatakan pemilihan Duta Pramuka tahun ini digelar secara luring. Ada 28 peserta terdiri atas 14 putra dan 14 putri perwakilan dari SMA/SMK dan sederajat di Kabupaten Karanganyar.

Para peserta ini mengikuti proses pemilihan dengan serangkaian tes di antaranya wawancara, ujian tertulis, uji bakat, audiensi. Kemudian di tahap grand final mereka menyampaikan visi dan misi.

“Para peserta menjawab pertanyaan dari dewan juri. Dewan juri terdiri dari unsur dewan kerja nasional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, psikolog, dan pelatih kwarcab pembina,” kata Rilo kepada Solopos.com, Senin (29/8/2022) malam.

Baca Juga: Sampah Berserakan Seusai Karnaval Karanganyar, Pramuli Jadi Solusi

Dalam kesempatan itu, peserta juga mendapatkan wawasan seputar kepramukaan, kepemimpinan, public speaking, bahkan beauty class. Semua kegiatan it diharapkan mampu menunjang dan menambah wawasan mereka sebagai Duta Pramuka.

Dari serangkaian seleksi ini, Arvian dan Danis berhasil keluar sebagai juara I putra dan putri. Mereka ditetapkan sebagai Duta Pramuka Kabupaten Karanganyar 2022.

Kemudian juara II diraih Ahmad Dian Tsabat Imani (SMAN 2 Karanganyar) dan Annisa Salsabila Yudhiya (SMAN Karangpandan).  Juara III diraih Nanda Dwi Alfikri (SMAN Karangpandan) dan Josella Indah Puji A. (SMAN Mojogedang).

Peserta dengan meraih Juara The Best Personality masing-masing Adhek Dwi Surya (SMAN Kebakkramat) dan Nova Puspitasari (SMAN Kebakkramat). Juara Best Intelegent direbut Rohamdhoni Fathir R (SMAN Mojogedang) dan Septina Sari Handayani (MAN 1 Karanganyar).

Baca Juga: Sejarah Hari Pramuka di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

Juara Favorit diraih Muh. Alwan W (SMAN Jumapolo) dan Annisa Salsabila Yudhiya (SMAN Karangpandan).

Ketua Kwarcab Kabupaten Karanganyar, Kurniadi Maulato, mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap panitia penyelenggara kegiatan Pemilihan Duta Pramuka. Kegiatan ini digelar dengan tahapan seleksi yang ketat.

Duta Pramuka ini diharapkan tidak hanya menjadi role model Pramuka Karanganyar tetapi juga menjadi kawula muda dan tangguh untuk bisa menghadapi era ke depan yang lebih kompetitif.

“Sehingga memang dari ajang Duta Pramuka ini menjadi ajang pencarian Pramuka yang handal dan berkualitas,” katanya.

Baca Juga: Pramuka Kwarda Jateng dan Kwarcab Karanganyar Ziarah ke Makam Soeharto

Selain itu ia berharap Duta Pramuka tidak hanya tampil secara formal tetapi juga bisa memberi sumbangsih dan menjadi agen perubahan agar Pramuka Karanganyar menjadi lebih baik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya