SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Yosca Herman Soedrajat (kanan) dan perwakilan Keraton Solo K.P. Satryo Hadinagoro memakaikan seragam parkir secara simbolis kepada petugas parkir Pagelaran dalam acara penetapan resmi tarif parkir di Alun-alun Utara, Pagelaran, dan Sitinggil, Jumat (10/4/2015). (Muhamad Muchlis/JIBI/Solopos)

Pasar darurat Klewer dibangun di Alun-alun Keraton Solo.

Solopos.com, SOLO — Parkir kendaraan bermotor bagi pedagang Pasar Klewer di kawasan Alun-alun Utara (Alut) Keraton Solo ditarik ongkos Rp20.000 per mobil.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Salah satu pedagang Pasar Klewer, Awi, ketika dijumpai , Senin (13/4/2015), mengaku ditarik parkir dengan tarif Rp20.000 per hari. Tarif parkir tersebut ditetapkan lantaran kendaraannya diparkirkan di Alut, dari pagi hingga sore hari.

“Saya itu kan berjualan di sini. Jadi memang kendaraan saya parkirkan dari pagi sampai sore. Jadi tidak masalah kalau ditarik Rp20.000,” kata dia.

Salah satu juru parkir, Agus mengatakan penetapan tarif parkir sudah menjadi kesepakatan bersama pedagang dengan pengelola parkir. Sesuai kesepakatan, dia mengatakan tarif parkir untuk pedagang Klewer ditetapkan Rp20.000 per mobil.

Sedangkan tarif parkir pengunjung untuk mobil Rp5.000 dan motor Rp2.000.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Perparkiran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), M. Usman mengatakan Alut masuk dalam kawasan cagar budaya, di mana parkir yang berada di dalam area Alut merupakan taman parkir. Tarif parkir hitung sendiri oleh pengelola parkir di kawasan tersebut.

“Kalau pedagang, itu memang sudah ada kesepakatan sendiri antara pedagang dengan pengelola parkir. Karena pedagang kan parkir lebih dari tiga jam,” katanya.

Usman mengatakan akan menertibkan tarif parkir yang ugal-ugalan sepanjang ada laporan keluhan dari pengunjung Alut. Terkait dengan tarif parkir pedagang hingga ditarik Rp20.000 per mobil, Usman lepas tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya