SOLOPOS.COM - Aktivitas jual beli di Pasar Klewer timur, Solo, Jumat (17/6/2016). (JIBI/Solopos/Dok)

Pasar Klewer Solo sisi timur akan dibangun menggunakan dana CSR BUMN.

Solopos.com, SOLO — Pembangunan Pasar Klewer Solo sisi timur direncanakan menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita pada saat peresmian Pasar Klewer sisi barat, Jumat (21/4/2017).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Saat memberikan sambutan pada kegiatan peresmian Pasar Klewer, Enggartiasto Lukita menyinggung rencana pembangunan Pasar Klewer sisi timur. Menurutnya rencana kegiatan tersebut akan dibiayai dari dana CSR BUMN di bawah Kementerian BUMN.

“Terima kasih untuk Ibu Menteri BUMN, karena kami sedikit terbatas anggaran,” kata dia. Dia berharap Pasar Klewer kembali menjadi jantung perekonomian, bukan hanya di Solo tapi di tingkat nasional.

Sebelumnya Enggartiasto mengatakan proposal untuk pembangunan Pasar Klewer sisi timur sudah diserahkan oleh Pemkot Solo. “Proposal sudah, tinggal menunggu anggaran,” kata dia saat ditemui wartawan sebelum peresmian pasar.

Dia menyampaikan, pembangunan Pasar Klewer dilaksanakan secara bertahap dengan total anggaran Rp157,8 miliar. Pada 2015, pasar tersebut mendapat alokasi APBN melalui dana Tugas Pembantuan sebesar Rp61,8 miliar untuk pembangunan basement dan lantai satu.

Selanjutnya pada tahun anggaran 2016, Pasar Klewer mendapat alokasi Rp96 miliar untuk pembangunan struktur lanjutan dan finishing empat lantai. Di antaranya adalah basement, semi basement, lantai satu dan lantai dua.

Sebelumnya Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, berharap setelah pembangunan Pasar Klewer sisi barat, pemerintah pusat dapat membantu pembangunan pasar sisi timur.

Berdasarkan pantauan di website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Surakarta, tahun ini Pemkot Solo telah selesai melakukan lelang untuk belanja jasa konsultan review DED Pasar Klewer sisi timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya