SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi di Pasar Klewer yang telah terbakar, Rabu (31/12/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Andika Betha)

Pasar Klewer terbakar, Presiden Jokowi menengok lokasi sisa kebakaran Pasar Klewer Solo itu dan menginstruksikan revitalisasi Pasar Klewer secepatnya.

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo gotong royong membangun Pasar Klewer. Hal itu dilakukan karena revitalisasi Pasar Klewer butuh anggaran besar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Terpenting Pasar Klewer segera dibangun. Tidak mungkin revitalisasi Pasar Klewer dibangun dengan dana dari pusat saja,” ujar Jokowi ketika ditemui wartawan seusai meninjau Pasar Klewer Solo, Kamis (31/12/2014) malam.

Jokowi mengatakan revitalisasi Pasar Klewer sudah disampaikan ke Gubernur Jateng untuk ikut membantu anggaran. Demikian halnya Wali Kota Solo juga diminta membantu menggunakan anggaran APBD.

“Kami ingin pasar ini [Klewer] segera dibangun secepatnya dengan cara gotong royong,” kata mantan Wali Kota Solo ini.

Mengenai persentase anggaran revitalisasi, kata dia, baik APBN, APBD provinsi, dan APBD kota belum diputuskan berapa besarannya. Untuk menentukan besaran anggaran, kata dia, perlu melihat dulu kemampuan anggaran dari Pemkot Solo terlebih dulu.

“Saya baru dengar Pasar Klewer terbakar dua hari lalu. Saya belum bisa menentukan berapa besaran anggaran dari APBN untuk revitalisasi,” jelas dia.

Seluruh Jawa Tengah
Jokowi meminta Pasar Klewer segera dibangun secepatnya karena ini menyangkut ekonomi masyarakat kecil. Semua pedagang Pasar Klewer, kata dia, tidak hanya dari Solo tetapi hampir semua kabupaten/kota di Jateng ada di Klewer.

Ditanya mengenai rencana pemerintah membantu pedagang, Jokowi mengatakan urusan itu bisa dipikirkan setelah pasar selesai dibangun.

Menanggapi ajakan Presiden itu, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan ada tiga sumber anggaran untuk revitalisasi Pasar Klewer. Total perhitungan sementara, kata dia, besarannya senilai Rp 136 miliar. “Jokowi menyampaikan ke saya agar Pasar Klewer segera dibangun. Karena Pasar Klewer merupakan pasarnya masyarakat kecil,” akunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya