SOLOPOS.COM - Renungan kenang Pasar Klewer, Kamis (1/1/2015) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Maulana Surya)

Pasar Klewer terbakar akhir tahun 2014 lalu. Kini Pemkot Solo menganggarkan dana Rp175 juta untuk memasang pagar keliling di Pasar Klewer.

Solopos.com, SOLO – Pemkot Solo menganggarkan dana senilai Rp175 juta untuk pemasangan pagar seng keliling di Pasar Klewer. Pemasangan pagar di Pasar Klewer sangat mendesak karena bangunan dinilai sangat membahayakan pengguna jalan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo, Subagiyo, mengatakan pemasangan pagar seng keliling di Pasar Klewer menggunakan anggaran tak terduga. Untuk dapat mengunakan dana itu, kata dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo perlu mengajukan izin terlebih dulu (Permit) dari DPRD Solo.

“Mekanisme penggunaan dana tak terduga harus seperti itu, kalau tidak yah tidak bisa,” ujar Subagiyo ketika ditemui di Kantor Pasar Klewer, Jumat (16/1/2015).

Dia mengatakan tinggi pagar seng keliling di Pasar Klewer mencapai 3 meter. Ketinggian itu, kata dia, menyesuaikan dengan bangunan pasar. Pemasangan pagar, beber Subagiyo, sangat mendesak lantaran kondisi bangunan mudah roboh.

“Pemasangan seng bertujuan untuk keselamatan pengguna jalan. Kami tidak ingin terjadi sesuatu,” kata dia.

Menurut Subagiyo pedagang Pasar Klewer sudah tidak diperbolehkan lagi masuk ke dalam pasar. Aktivitas apa pun didalam, kata dia, sudah dihentikan termasuk pengambilan barang rongsokan.

Sementara itu, sejumlah pedagang Pasar Klewer timur mulai berbenah. Hal itu dilakukan sebagai persiapan sebelum menempati kembali kios yang sebelumnya ditutup sementara, pascakebakaran Pasar Klewer barat.

Salah seorang pedagang, Fitri, mengaku sudah diberitahu oleh petugas pasar untuk bersih-bersih kios karena pasar akan segera ditempati. Persiapan yang sudah dilakukan, kata dia, memasukkan barang dagangannya ke dalam kios.

“Kami menerima informasi dari petugas pasar penempatan kios Pasar Klewer timur pada tanggal 20 Januari,” jelas dia.

Ditemui terpisah, Kepala Pasar Klewer, Stephanus Edy Murdiarso, mengatakan semua pedagang sudah diminta untuk membersihkan semua kios. Untuk instalasi listrik, kata dia, belum bisa digunakan karena perbaikan masih berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya