SOLOPOS.COM - Pedagang Pasar Klewer Solo menyelamatkan sisa barang dagangan mereka pascakebakaran yang meluluhlantakkan pasar tersebut. (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Pasar Klewer terbakar memaksa Pemkot Solo menyalurkan Rp12 miliar dana kas daerah untuk pembangunan pasar sementara.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota Solo mengalkulasi dana yang dibutuhkan untuk membangun pasar sementara bagi para korban kebakaran Pasar Klewer Solo mencapai Rp22,18 miliar. Dengan adanya dana bantuan Gubernur Jateng dan CSR bank-bank di Solo, kini Pemkot Solo tinggal menanggung Rp12 miliar kekurangan biaya pembangunan pasar sementara pengganti lokasi Pasar Klewer terbakar. Dana itu bakal diambilkan dari kas daerah (kasda) setempat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo saat mempaparkan rencana kerja tanggap darurat terkait Pasar Klewer terbakar itu di DPRD Solo, Rabu (7/1/2015), menyampaikan kabar baik terkait adanya dana Rp4 miliar bantuan corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan dari sejumlah bank di Solo. Ada pula Rp6 miliar dana bantuan Gubernur Jateng yang dialihkan untuk penanggulangan dampak kebakaran Pasar Klewer Solo.

Dana Rp4 miliar dari perbankan yang peduli atas musibah Pasar Klewer terbakar itu, menurut dia bisa digunakan untuk membangun setidaknya 800 kios pasar sementara bagi para korban kebakaran Pasar Klewer Solo. Jumlah kios pasar sementara lebih banyak bisa diwujudkan dari Rp6 miliar dana bantuan Gubernur Jateng.

Kekurangan dana Rp22,18 miliar untuk melengkapi biaya pembangunan pasar sementara bagi korban kebakaran Pasar Klewer Solo tersebut, menurut Rudy, akan diambilkan dari saldo kas daerah (kasda) per 31 Desember 2014 senilai Rp175 miliar. Praktis dengan kebutuhan Rp22,18 miliar, Rudy tinggal mencari dana Rp12 miliar untuk pembangunan pasar sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya