SOLOPOS.COM - Ilustrasi, Lantai dua pasar Kadipolo Solo kosong karena ditinggalkan para pedagang (JIBI/SOLOPOS/dok)

Pasar Kadipolo Solo yang tengah direnovasi akan dilengkapi IPAL.

Solopos.com, SOLO — Pasar Kadipolo Solo akan dilengkapi instalasi pengelolaan air limbah (IPAL). IPAL digunakan untuk mengelola limbah dari dalam pasar, khususnya los daging, sebelum dibuang ke saluran air.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Lokasi pembuatan IPAL berada di sisi depan pasar bagian timur. Pada Kamis, lokasi di samping los daging tersebut sudah digali dengan lebar sekitar 2 meter x 6 meter dan tinggi sekitar 2,5 meter.

Menurut Kepala Pasar Kadipolo, Sudarno, ipal tersebut disiapkan untuk mengelola limbah dari pasar sebelum keluar pasar melalui saluran air. “Dari los daging atau dari dalam, air limbah akan masuk dulu ke IPAL nantinya. Baru selanjutnya dibuang ke saluran air [di sisi belakang pasar],” kata dia kepada Solopos.com, Kamis (31/8/2017).

Seperti diketahui saat ini los lantai bagian bawah pasar tersebut juga sedang dalam proses renovasi. Sudarno berharap setelah renovasi, saluran air di dalam pasar akan semakin lancar.

Selain menambah kenyamanan, lancarnya saluran air akan mendukung kebersihan pasar. Diharapkan tidak ada saluran air di pasar yang pampat.

Sebelumnya dia mengatakan beberapa saluran air di pasar tersebut butuh pembenahan karena kondisinya sudah tidak lancar. Terlebih saat musim hujan, saluran air di dalam pasar harus selalu dicek.

Pada Kamis siang, sejumlah pekerja masih terlihat beraktivitas di los pasar sisi barat. Sebagian dari mereka terlihat sibuk memasang keramik. Ada pula yang membersihkan beberapa bagian los.

Sementara untuk pagar proyek di sisi depan sebagian sudah dibuka. Diperkirakan renovasi los lantai dasar sisi barat tersebut selesai pertengahan September.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan renovasi di los dasar sisi timur. Los sisi timur tersebut terdiri dari los daging, kelontong dan sayur.

Menurut Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Bidang Pasar Dinas Perdagangan Solo, Joko Sartono, konsep penataan di los sisi timur akan sama dengan los sisi barat. Diketahui beberapa bagian los digunakan untuk membangun kios.

“Nanti ada kios juga di sisi timur. Sama seperti bagian barat,” kata dia kepada Solopos.com belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya