SOLOPOS.COM - PEMBAGIAN PASAR DARURAT--Sejumlah pedagang Pasar Nongko Solo, Jumat (20/4) mencari dan menandai lokasi <i>dhasaran</i><i> mereka seusai mengikuti undian pembagian los pasar darurat. Sebanyak 252 los dan 110 oprokan diundi kepada para pedagang dan akan efektif menempati pasar darurat tersebut mulai 4 Mei. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)</i>

PEMBAGIAN KIOS -- Sejumlah pedagang Pasar Nongko Solo, Jumat (20/4/2012) mencari dan menandai lokasi dhasaran mereka seusai mengikuti undian pembagian los pasar darurat. Sebanyak 252 los dan 110 oprokan diundi kepada para pedagang. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SOLO – Pembangunan Pasar Darurat Turisari yang telah selesai, akan segera digunakan oleh pedagang mulai awal Mei. Pada awal perpindahan, pedagang meminta keringanan agar tidak ditarik retribusi dulu, karena aktifitas pasar belum efektif.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Wakil Ketua Paguyuban Sekar Asih Pasar Nongko, Lanjar Suwanto, mengemukakan pedagang meminta keringanan retribusi pada awal perpindahan ke pasar darurat karena . “Pedagang meminta supaya seminggu sejak awal pindah jangan ditarik retribusi dulu,” jelasnya kepada Espos, Jumat (20/4/2012).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pasar Turisari, Agus Suharto, menjelaskan pihaknya akan berusaha menyampaikan aspirasi pedagang tersebut kepada pemkot. “Saya sudah pernah laporan, tapi memang belum saya ajukan secara tertulis, rencananya Senin atau Selasa pekan depan,” jelasnya. Mengenai keringananan retribusi yang diajukan, Agus tidak bisa memastikan akan seperti apa hasilnya. “Saya belum tau apakah nanti tidak dipungut itu akan digratiska, atau malah pembayarannya disekaliguskan,” paparnya.

Selain masalah retribusi, masalah keamanan pun disoroti pedagang. Pedagang mengingkan adanya pengamanan agar tidak ada pedagang baru yang tiba-tiba ikut berjualan di area pasar darurat. “Kami minta dalam radius 200 meter, tidak ada pedagang baru, kecuali yang sebelumnya sudah berjualan disana,” jelas Lanjar.

Untuk masalah pengamanan, Agus sudah mengerahkan tim keamanan pasar yang telah ada, ditambah tim kemanan outsourcing dan untuk malam hari tim keamanan swakarsa. “Untuk yang malam dari pemuda karang taruna daerah sini, itu memang permintaan pedagang agar lebih aman,” paparnya.

Jadwal Perpindahan Pedagang Pasar Turisari

20 April: Pengundian los
26 April – 2 Mei: Perpindahan pedagang
3 Mei: Selamatan pedagang untuk menempati pasar baru
4 Mei: Pedagang sudah aktif di pasar darurat
6 Mei: Pasar Turisari sudah kosong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya