SOLOPOS.COM - Ilustrasi kantong plastik (Mirror.co.uk)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak dua swalayan dan satu toko ritel di Wonogiri berkomitmen mendukung pengurangan penggunaan kantong plastik. Diet kantong plastik itu sekaligus menjadi bagian menaati Peraturan Bupati (Perbup) No. 46/2019 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Informasi kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik yang didukung swalayan dan toko ritel itu diunggah di Instagram @pemkabwonogiri, Jumat (13/1/2023). Dua swalayan dan satu toko ritel di Wonogiri telah membatasi penggunaan kantong plastik dalam proses jual beli dengan masyarakat umum.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wonogiri, Wiwik Puji Hastuti Ekowati, mengatakan pembatasan pengurangan kantong plastik ini sudah bisa diterapkan dengan cukup baik di beberapa pasar swalayan dan toko ritel.

Memang sempat terjadi sedikit gejolak dan pertanyaan dari masyarakat umum karena tidak mengetahui adanya Perbup No. 46/2019. Meski telah disosialisasikan secara masif, baik melalui rilis dan mengunggah posting-an dengan konten pembatasan penggunaan kantong plastik, respons masyarakat relatif kecil.

“Butuh proses sosialisasi yang panjang dan menyeluruh kepada masyarakat melalui semua jenis media, utamanya media sosial,” kata Wiwik sebagaimana yang disampaikan di @pemkabwonogiri, Jumat.

DLH Wonogiri juga pernah mendatangi pasar swalayan dan toko ritel membagikan kantong belanja ramah lingkungan secara gratis kepada masyarakat. Hal itu sekaligus memberikan sosialisasi dan edukasi terkait kampanye mengurangi penggunaan kantong plastik.

Wiwik memberi arahan kepada manajemen toko agar menyediakan kantong belanja ramah lingkungan yang dijual dengan harga murah. Sehingga tidak memberatkan pembeli dan pelaksanaan regulasi in dapat terus berkelanjutan.

“Penggunaan kardus bekas untuk mengemas barang belanjaan dalam jumlah besar juga dirasa bisa meniadi solusi alternatif bagi pembeli,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya