SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Aryo Widyandoko, menyampaikan daftar peserta Pawai Pembangunan saat konferensi pers di Balai Kota Solo, Kamis (18/8/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menyediakan 11 ruas jalan untuk lokasi parkir on street bagi penonton pawai pembangunan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada Jumat (19/8/2022) sore ini.

Berdasarkan unggahan di akun Instagram resmi Dishub Solo, @dishubsurakarta, Kamis (18/8/2022), 11 lokasi parkir itu yakni:

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

  1. Jl Sriwedari
  2. Jl Dr Soepomo
  3. Jl Honggowongso
  4. Jl Gajah Mada
  5. Jl Kartini
  6. Jl Diponegoro
  7. Jl KH Ahmad Dahlan
  8. Jl Imam Bonjol
  9. Jl Museum
  10. Jl Gatot Subroto
  11. Halaman Balai Kota

Kirab akan berlangsung mulai pukul 15.00 WIB dengan start di Lapangan Kota Barat, melalui Jl dr Moewardi, Jl Slamet Riyadi, Jl Jenderal Sudirman, dan finis di Balai Kota Solo. Dishub Solo telah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) terkait acara ini.

Beberapa ruas jalan akan ditutup dan arus lalu lintas dialihkan. Sesuai peta MRLL kirab pawai pembangunan HUT ke-77 RI yang diunggah di akun Instagram resmi Dishub Solo, @dishubsurakarta, Kamis, penutupan rute kirab dimulai dari flyover Manahan kaki utara dan barat.

Kemudian simpang tiga Hotel Agas arah utara, Jl dr Moewardi, Jl Slamet Riyadi, Jl Jenderal Sudirman sampai Tugu Pamandengan depan Balai Kota juga ditutup.

Baca Juga: Yuk Ramaikan Pawai Pembangunan di Solo Besok, Gibran bakal Naik Tank

88 Instansi

Khusus Jl Yosodipuro dari simpang Paragon sampai simpang Kota Barat, Jl Mawar, dan Jl Kenanga tutup mulai pukul 13.00 WIB karena menjadi area persiapan.

Rute kirab pawai pembangunan yang digelar Pemkot Solo itu harus steril dari parkir kendaraan. Di sisi lain, menyusul penutupan Jl Slamet Riyadi dan Jl dr Moewardi, Jl dr Wahidin mulai dari simpang Gendengan sampai Sabar Motor berlaku dua arah untuk roda dua maupun roda empat.

MRLL tersebut berlaku mulai pukul 15.00 WIB sampai selesai. “Hindari kawasan terdampak rekayasa lalu lintas, gunakan rute alternatif agar terhindar dari kepadatan lalu lintas,” tulis admin akun @dishubsurakarta dalam unggahannya.

Baca Juga: Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Aryo Widyandoko, menjelaskan pawai akan diikuti 88 instansi pemerintahan, swasta, BUMD/BUMN, dan kelompok masyarakat.

“Nanti ada mobil listrik untuk VIP [naik dari lapangan Kota Barat] ke Gendengan. Lalu pindah naik ranpur [kendaraan tempur], naik tank. Wali Kota Solo akan naik tank,” katanya dalam jumpa pers mengenai pawai pembangunan di Balai Kota Solo, Kamis (18/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya