SOLOPOS.COM - Ilustrasi Salat Idulfitri. (Freepik.com)

Solopos.com, BOYOLALI — Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Boyolali akan menggelar Salat Idulfitri 1444 Hijriah pada Jumat (21/4/2023). Salat akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Lapangan Sono Krido Sunggingan dan SMA 2 Bhinneka Karya Boyolali.

Sekretaris PCM Boyolali, Suwarto, mengungkapkan bertindak sebagai imam dan khatib pada salat Id di Lapangan Sunggingan yaitu pimpinan pengajian Minggu pagi di Masjid Al Anwar Boyolali, Muh. Bari.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Jumlah jemaah di Lapangan Sono Krido Sunggingan kira-kira sebanyak 2.500 orang,” ujarnya kepada Solopos.com, Rabu (19/4/2023).

Kemudian, imam dan khatib di lapangan SMA 2 BK Boyolali adalah Guru Besar Fakultas Psikologi UMS, Taufik Kasturi. Pelaksanaan salat Idulfitri akan dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai selesai.

“Masing-masing PCM nanti akan melaksanakan sendiri,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, akan melaksanakan Salat Idulfitri 1444 Hijriah pada hari pertama Lebaran di Masjid Agung Boyolali. Sementara, Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan, akan salat Id di Masjid Ageng Boyolali.

Hal itu diungkap Bupati Said kepada awak media saat ditanya di Mapolres Boyolali pada Senin (17/4/2023).

“Rencananya saya di Masjid Agung bersama Forkopimda [Forum Komunikasi Pimpinan Daerah]. Nanti Pak Wakil [Iwan] di Masjid Ageng,” ujarnya.

Hal tersebut berbeda dengan pelaksanaan Salat Idulfitri sebelum-sebelumnya, Bupati Said biasanya didampingi Iwan. Namun, Said mengungkapkan pada tahun ini dibuat berbeda karena ingin masyarakat dapat bertemu dengan pemimpinnya.

“Jadi biasanya menjadi satu, Lebaran tahun ini kami bagi dua agar masyarakat merasa terwakili bertemu dengan pemimpinnya,” kata dia.

Sebagai informasi, Masjid Agung Boyolali berada di depan rumah dinas Bupati Boyolali. Sedangkan, Masjid Ageng Boyolali berada di Kompleks Perkantoran Kabupaten Boyolali.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, pelaksanaan Salat Idulfitri nanti akan dilaksanakan pada 1 Syawal 1444 Hijriah mulai pukul 06.00 WIB.

Khotbah di Masjid Agung akan dilaksanakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Boyolali, Hanif Hanani. Kemudian, imam dan khatib di Masjid Ageng Boyolali oleh Sekda Boyolali, Masruri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya