SOLOPOS.COM - Para tokoh Kota Solo yang berpotensi maju sebagai Cawali-Cawawali di Pilkada 2024 saat menjadi narasumber Ngabuburit Demokrasi Anak Muda Bicara Pilkada Solo 2024 di Kampus UNS Solo, Senin (1/4/2024) sore. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Walau mengalami penurunan 10 kursi DPRD Solo di Pemilu Legislatif 2024, PDI Perjuangan (PDIP) masih menjadi satu-satunya partai politik (Parpol) yang bisa mengusung sendiri Cawali-Cawawali 2024.

Partai berlambang kepala banteng moncong putih tidak perlu berkoalisi dengan parpol lain. Pernyataan itu disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDIP Solo, Her Suprabu, saat menjadi narasumber Ngabuburit Demokrasi Anak Muda Bicara Pilkada Solo 2024 di UNS Solo, Senin (1/4/2024).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Secara aturan, untuk Solo bisa mengusung pasangan itu minimal sembilan kursi DPRD Solo. Sebenarnya dari sisi partai, yang paling siap atau tidak perlu berkoalisi hanya PDIP,” ujar dia. Her menjelaskan parpol dengan jumlah kursi terbanyak kedua di DPRD Solo berdasar Pemilu 2024 adalah PKS.

Artinya PKS harus berkoalisi dengan partai lain untuk bisa mengusung Cawali-Cawawali Solo 2024. “Mas Sugeng [PKS] dibawah saya, tujuh kursi, belum bisa, harus koalisi. Tapi terlepas dari koalisi atau tidak, saya sampaikan di sini, sebenarnya kita jangan bikin ego masing-masing parpol,” kata dia.

Menurut Her, semua partai harus memikirkan yang terbaik untuk Solo. Jangan sampai perseteruan Pemilu 2024 dibawa-bawa sampai ke Pilkada. “Kita harus memikirkan kota. Jangan sampai perseteruan kemarin, Pemilu 2024, dibawa sampai Pilkada. Kalau Pileg, Pilpres sudah lah, kita setop,” ujar dia.

Her mengatakan Pilkada 2024 merupakan hajatan masyarakat Solo. Semua pihak harus paham dan sadar bahwa itu adalah momentum untuk memilih pemimpin yang akan membawa kota ke arah mana. Sehingga menurut dia sosok pemimpin Solo harus dikenal dan didukung kekuatan politik yang kuat.

“Karena kalau nanti kepala daerah yang terpilih independen, tidak ada kekuatan politik, bisa saja di tengah jalan, dihentikan. Karena kadang-kadang kita juga jangan hanya melihat secara personal. Dan yang paling penting masyarakat harus peduli. Agar tingkat partisipasi pemilih bisa tinggi, sesuai target,” urai dia.

Berikut komposisi kekuatan partai politik di DPRD Solo hasil Pemilu 2024:

1. PDIP 20 kursi
2. PKS 7 kursi
3. PSI 5 kursi
4. Partai Gerindra 5 kursi
5. Partai Golkar 3 kursi
6. PAN 3 kursi
7. PKB 2 kursi

Para Caleg terpilih akan dilantik sebagai Anggota DPRD Solo periode 2024-2029 pada Agustus 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya