SOLOPOS.COM - Tiga orang kader langsung mengambil formulir pendaftaran penjaringan bakal calon bupati-wakil bupati Pilkada Sukoharjo di Kkantor DPC PDIP Sukoharjo, Minggu (5/5/2024). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pengurus DPC PDIP Sukoharjo membuka pendaftaran penjaringan bakal calon bupati-wakil bupati atau cabup-cawabup untuk Pilkada Sukoharjo 2024 mulai Minggu (5/5/2024). Tiga kader internal partai langsung mengambil formulir pendaftaran pada hari pertama.

Pantauan Solopos.com, Minggu, pendaftaran penjaringan bakal cabup-cawabup dibuka di Kantor DPC PDIP Sukoharjo. Acara tersebut dihadiri pengurus struktural dan pimpinan anak cabang (PAC) PDIP masing-masing kecamatan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Tampak pula anggota DPRD Jateng dari Fraksi PDIP dan anggota DPRD Sukoharjo dari Fraksi PDIP. Selain itu, turut hadir tiga kader internal yang hari itu langsung mengambil formulir pendaftaran.

Ketiga kader internal itu, yakni Etik Suryani dan Agus Santosa yang kini menjabat sebagai Bupati Sukoharjo-Wakil Bupati Sukoharjo, serta Ketua Komisi IV DPRD Sukoharjo, Danur Sri Wardhana.

Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo, Nurjayanto, mengatakan pendaftaran bakal cabup-cawabup bagian dari implementasi instruksi DPP PDIP yang tertuang dalam surat bernomor 6027/IN/DPP/III/2024 tertanggal 28 Maret 2024.

Dalam surat itu, jajaran pengurus DPD dan DPC PDIP diminta melakukan pemetaan politik dan penjaringan bakal calon kepala daerah 2024. “Pengambilan formulir pendaftaran bakal cabup-cawabup mulai 5-17 Mei. Kemudian, pengembalian formulir pendaftaran pada 8-21 Mei. Selanjutnya, ada verifikasi administrasi pada 22-24 Mei,” kata dia.

Menurut Nurjayanto, sudah ada tiga kader internal partai yang berniat maju sebagai bakal cabup-cawabup dalam pilkada. Mereka diminta untuk melakukan improvisasi potensi diri sebagai modal utama saat presentasi di depan pengurus DPP PDIP.

Figur yang paling layak dan pantas menjadi calon kepala daerah akan menerima rekomendasi dari DPP PDIP. “Sekarang, ada tiga bakal cabup-cawabup dari internal partai yang juga hadir di sini. Ada Bu Etik Suryani, Pak Agus Santosa, dan Mas Danur. Kami sepakat siapa pun yang mendapat rekomendasi dari partai, pasti kami dukung dalam Pilkada Sukoharjo. Kami tegak lurus dengan instruksi partai,” papar dia.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Wakil Bupati Agus Santosa, maupun anggota DPRD Danur Sri Wardhana kompak mengatakan bakal mengikuti mekanisme partai saat proses penjaringan bakal cabup-cawabup untuk Pilkada Sukoharjo 2024. Mereka juga siap mematuhi aturan dan instruksi partai terkait rekomendasi dari DPP PDIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya