SOLOPOS.COM - Kepala Pegadaian Karanganyar, Heru Choirul Huda, saat diwawancara wartawan di ruang Paripurna Gedung DPRD setempat pada Selasa (13/12/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pegadaian Kabupaten Karanganyar meminta bantuan DPRD setempat untuk ikut menyosialisasikan produk mereka ke para konstituen. Beberapa produk tersebut adalah pemberian kredit usaha rakyat (KUR) dan tabungan emas.

Selama ini masyarakat mengenal Pegadaian sebatas tempat untuk gadai. Padahal perusahaan pelat merah ini memilih beragam produk.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Kantor Pegadaian Karanganyar, Heru Choirul Huda, mengaku pihaknya menggandeng DPRD karena lebih dekat dengan masyarakat. Para wakil rakyat juga bisa mengajak konstituennya untuk mengakses produk Pegadaian. “Program di Pegadaian masih kurang diketahui masyarakat. Stereotipe pegadaian masih tempat gadai saja,” kata dia seusai sosialisasi program ke kalangan DPRD di ruang rapat Paripurna, Selasa (13/12/2022).

Dia mengatakan hampir 80% layanan Pegadaian yang diakses warga masih gadai. Padahal ada banyak program yang sebenarnya sudah lama diluncurkan terkait pembiayaan. Pegadaian memiliki program KUR, pembiayaan kendaraan bermotor hingga pembiayaan porsi haji.

Baca Juga: Koperasi Simpan Pinjam Batal Diawasi OJK

Untuk KUR misalnya, Pegadaian memberikan plafon pinjaman maksimal Rp10 juta tanpa bunga. Peminjam hanya dibebani biaya administrasi bulanan Rp30.000. “KUR ini tanpa agunan. Plafonnya maksimal Rp10 juta,” katanya.

Kemudian pembiayaan (leasing) kendaraan bermotor. Heru mengatakan leasing milik Pegadaian selisihnya sangat besar dibandingkan pembiayaan swasta. Selisih pembiayaan lebih murah hingga Rp10 jutaan dengan masa pembiayaan tiga tahun.

Beragam program di Pegadaian ini masih kurang dikenal masyarakat. Dalam sosialisasi dengan wakil rakyat, dia sangat berharap kalangan DPRD ikut menyukseskan literasi keuangan melalui pegadaian.

“Dewan punya basis massa dan sering terjun ke masyarakat. Saat kegiatan seperti reses, kami berharap dewan menyosialisasikan program Pegadaian,” katanya.

Baca Juga: Bank Jateng Pertahankan Penyaluran Kredit Murah

Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo, mengatakan para anggota Dewan akan membantu sosialisasi program Pegadaian ke masyarakat luas. Dia juga akan mengajak masyarakat baik yang memiliki usaha, bisa memanfaatkan pinjaman KUR melalui Pegadaian.

“KUR sangat murah karena tidak pakai bunga pinjaman. Tidak perlu agunan pula. Jadi akan sangat membantu masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya