SOLOPOS.COM - Para model memperagakan busana batik desain Batik Putri Lestari dalam ajang Sukowati Batik Fashion (SBF) 2022 di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, Rabu (26/10/2022) malam. (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Para kepala daerah dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) mendadak menjadi model di Sukowati Batik Fashion (SBF) 2022. Pergelaran busana ini dihelat di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, Rabu (26/10/2022) malam.

Aksi mereka berjalan di karpet merah tidak kalah dengan para model profesional. Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, tampil mengenakan batik saat berjalan di panggung memanjang. Setelah para pimpinan daerah tampil, giliran para kepala dinas yang berpasangan dengan istrinya untuk menjadi model peragaan busana batik dari produk-produk UMKM batik di Bumi Sukowati ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

SBF 2022 merupakan bagian dari acara Pemeran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) 2022. Ada 13 UMKM batik yang membuka stan dan ikut dalam perayaan busana tadi malam. Mereka di antaranya Batik Suwanti Ifful, Batik Dewi Arum, Batik Nurul Hidayah, Batik Bintang Anisa, Batik Joyodipo, Batik S-Tu Jaya, Batik Dewa Dewi, dan Batik Putri Lestari.

“Rasanya ayem saat di atas panggung,” ujar Damai, istri Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto, seusai tampil di catwalk.

Baca Juga: Malam Ini 35 UMKM Gelar Pameran Batik Khas Sragen, Cek Lokasinya

“Kalau saya lebih pilih tanda tangan daripada jadi model,” ujar Bupati Yuni saat ditanya pembawa acara.

Yuni menyampaikan SBF ini untuk memberi ruang kepada pelaku UMKM Sragen, khususnya batik, supaya tampil percaya diri dalam mengenalkan karya mereka.

“Saya lebih memilih jadi Bupati daripada jadi model karena memang sulit menjadi model,” kata Yuni saat ditemui wartawan, Rabu malam.

Ia mengaku senang dengan konsep SBF tahun ini yang sudah tertata rapi. Ia berharap SBF bisa menjadi agenda tahunan untuk mengangkat citra batik Sragen.

Baca Juga: Bingung Cari Produk UMKM Sragen? Klik Saja Tukonisragen.com

Sejumlah penonton pun banyak yang mengenakan batik. Salah satunya Wagito, warga Karangmalang, mengenakan batik produksi dari Batik Windasari, Kliwonan, Masaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya