SOLOPOS.COM - Lurah Jebres, Lanang Aji Laksito. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Para pejabat pemerintahan di Kota Solo diisi generasi muda. Sekitar 50 persen lurah di Solo berusia muda antara 39 tahun-42 tahun.

Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Drajat Tri Kartono menjelaskan kehadiran pejabat ASN berusia muda di Solo memiliki nilai yang positif sesuai zamannya.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Mereka tak hanya memiliki keunggulan berdasarkan usia namun punya sejumlah keunggulan lainnya.

Sebagai informasi, tidak hanya wali kotanya yang berusia muda. Sekitar 50 persen lurah di Kota Solo berusia muda. Usia muda dalam hal ini yakni berkisar 39-42 tahun. Bahkan ada camat yang berusia 35 tahun.

Baca Juga: Lurah Termuda Kota Solo Tercatat Sebagai Lulusan UNS

“Yang pertama dan paling penting mereka akan menyongsong untuk memimpin perubahan masyarakat tahun ke depan. Usia 35 akan pensiun usia 60 tahun pada 2049 sampai 2050. Pada 2050 tantangannya jauh lebih kompleks dari sekarang,” kata dia.

Sejumlah tantangan yang disebut Drajat berupa tantangan digital. Seting pemerintahan akan berbeda dengan orientasi digital. Era Borderless sekarang ini kemungkinan akan memunculkan govermentless.

Baca Juga: Utomo Ramelan, Wali Kota Solo Pendiri Lokalisasi Silir & Dihukum Mati

“Pemerintah mungkin bisa dikelola dengan metaverse. Sekarang ini era metaverse di perbankan sudah ada, perdagangan sudah ada. Pemerintah metaverse itu yang bisa membayangkan anak-anak sekarang yang sudah memegang gadget, internet, dan bermain platform,” ungkapnya.

“Makanya pak lurah, pak camat, wali kota, gubernur, presiden, saat ini yang paling penting mereka bisa memiliki kompetensi digital leadership,” ungkapnya.

Baca Juga: Kapolresta Solo Dinobatkan Sebagai Tokoh Penjaga Pancasila & Toleransi 

Drajat menambahkan orientasi pemerintah memiliki core value yang dekat dengan anak muda. Core value anak muda berupa berakhlak, adaptabilitas, dan kolaboratif. Ketiganya yang akan menentukan anak muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya