SOLOPOS.COM - Pedagang ayam potong di di Pasar Jaten, Kabupaten Karanganyar, Selasa (28/3/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pekan pertama Ramadan, harga komoditas pangan di pasar tradisional di Kabupaten Karanganyar menurun.

Penurunan harga kebutuhan pokok ini dipicu sepinya pembeli. Meski demikian, pedagang kini mulai ancang-ancang menaikkan harga komoditas pangan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Para pedagang menuturkan harga komoditas pangan akan kembali merangkak naik dua pekan menjelang hingga Lebaran nanti. Seperti disampaikan pedagang daging ayam potong di Pasar Jaten, Aulia, 30, yang sudah menerima informasi akan kenaikan tersebut.

“Dua hari ini harga ayam turun. Dibanding pekan kemarin, harganya Rp34.000 per kilogram. Sekarang harga ayam potong Rp30.000 per kg,” kata dia dijumpai Solopos.com, Selasa (28/3/2023).

Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, dia mengatakan harga daging ayam potong akan turun saat awal Ramadan. Namun akan kembali merangkak naik menjelang sampai Lebaran nanti.

Dia bahkan mengaku sudah menerima informasi bakal adanya kenaikan harga daging ayam potong.

“Kemarin sudah dikasih tahu mau naik lagi. Biasa itu, kalau mau Lebaran, harganya naik,” tuturnya.

Kenaikan harga biasa terjadi bertahap. Per hari kenaikannya bisa Rp500 hingga Rp1.000 per kilogram.

Dikatakannya kenaikan harga daging ayam potong dikarenakan tingginya permintaan pasar menjelang Lebaran.

Selain daging ayam potong, komoditas pangan lain yang juga menurun adalah cabai. Harga aneka jenis cabai di pasaran menurun drastis.

Pedagang cabai, Komarudin, 32, menyebut harga jual cabai yang paling anjlok jenis rawit. Sempat menyentuh Rp70.000 per kilogram, kini harganya Rp35.000 per kilogram.

Lalu jenis cabai merah keriting dari Rp40.000 per kilogram, sekarang Rp32.000 per kilogram. Sedangkan cabai hijau masih stabil Rp20.000 per kilogram.

“Hari ini harganya turun karena sepi pembeli. Tapi ini sudah mau naik lagi. Nanti sampai Lebaran naik lagi,” katanya.

Pedagang sembako, Suradi menuturkan harga kebutuhan pokok turun di antaranya telur ayam dari Rp32.000 per kg kini menjadi Rp29.000-Rp30.000 per kg. Lalu bawang putih menjadi Rp32.000 per kg dan bawang merah Rp30.000 per kg.

“Semua harga kebutuhan pokok sekarang turun. Namun biasanya naik lagi menjelang Lebaran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya