SOLOPOS.COM - Viaduk Gilingan dibuka pada 27 Mei mendatang dan saat ini pelaksana proyek mengebut penyelesaian proyek tersebut. (Instagram/@btp_semarang)

Solopos.com, SOLO–Kepastian kapan Viaduk Gilingan dibuka, Site Manager Proyek Viaduk Gilingan, Niko Herlambang mengungkapkan tengah mempercepat proses pengerjaan Viaduk Gilingan.

Hingga Senin (8/5/2023), progres proyek Viaduk Gilingan mencapai 60%.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Saat ini masih 60-an persen, kami upayakan 27 Mei bisa open traffic [buka jalan],” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Senin (8/5/2023).

Proyek viaduk Gilingan kapan dibuka, menurut Niko hal itu karena ada tiga kegiatan utama di Viaduk, yakni relokasi pipa PDAM, pelebaran dan penurunan elevasi jalan, dan pembuatan rumah pompa.

Niko mengakui penurunan elevasi viaduk sempat terganggu beberapa hal. Salah satunya ketika pemotongan pipa milik PDAM membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, proyek ini juga sempat terhenti menjelang Lebaran.

“Kemarin sempat terkendala untuk relokasi Pipa PDAM dan kepotong libur Lebaran sekitar satu pekan,” ucap dia.

Selepas libur Lebaran, pengerjaan proyek penataan Viaduk Gilingan diaktifkan kembali. Niko mengungkapkan pihaknya mendatangkan tambahan alat berat untuk mempercepat pengerjaan proyek agar selesai sesuai yang dijadwalkan.

“Oleh karena itu kita maksimalkan dengan penambahan alat berat yang bekerja di viaduk tersebut,” urai dia.

Seperti diketahui, proyek Viaduk Gilingan dijadwalkan dibuka pada 27 Mei 2023 mendatang. Tenggat pengerjaan proyek tinggal 20 hari lagi sejak kali pertama digarap pada 19 Februari 2023.

Proyek ini menutup total akses pengendara melewati Viaduk Gilingan dari simpang Ngemplak hingga simpang Gilingan. Sampai saat ini, para pengendara diarahkan melalui menjalur pengalihan alternatif.

Rute pengalihan tersebut, di antaranya kendaraan dari arah barat (Jakarta/Yogyakarta) yang melintas Viaduk Gilingan, dialihkan lewat Jl. A. Yani-Jl.Letjen S.Parman-Jl. Monginsidi-Jl.A.Yani.

Selanjutnya kendaraan dari arah timur (Karanganyar/Kawasan Palur) yang menuju Viaduk Gilingan dialihkan lewat Jl.A.Yani-Jl. Monginsidi-Jl.Letjen S.Parman-Jl.A. Yani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya