SOLOPOS.COM - Ilustrasi (indonetwork.co.id)

Ilustrasi (indonetwork.co.id)

BOYOLALI--Aktivitas warga di sekitaran Waduk Kedung Ombo (WKO), khususnya yang masuk di wilayah Kecamatan Kemusu, Boyolali dinilai rawan akan terjadinya kecelakaan air.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Untuk itu, tim Search and Rescue (SAR) Putra Serang Kemusu berharap bantuan pengadaan pelampung dari Pemkab setempat.

Hal itu dikatakan Koordinator SAR Putra Serang, Hartono. Dia menjelaskan kerawanan kecelakaan air nyata ditatap para petani ladang dan petani ikan di WKO. Secara khusus, Hartono menyebut kerawanan itu mengancam para petani yang mengakses transportasi air WKO.

“Masalahnya petani banyak yang harus menyeberang dengan sampan, begitu pula petani ikan. Jadi risiko tetap ada,” kata Hartono saat ditemui Solopos.com, Senin (16/4).

Perangkat keselamatan pelampung dinilai Hartono juga perlu dibekalkan kepada para warga yang memiliki aktivitas semacam itu. “Ya mungkin butuh 50, itu mencakup kebutuhan petani ikan dan petani biasa,” imbuhnya.

Siklus kejadian kecelakaan air, terangnya, tak terprediksi. Sebelum tahun ini, Hartono mencatat kejadian kecelakaan air banyak menelan korban jiwa. “Ada kejadian empat orang tewas dalam sehari. Tapi mulai 2010 lalu kejadian cenderung menurun,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya