SOLOPOS.COM - Ilustrasi E-KTP (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Pelayanan publik Boyolali akan kembali buka mulai hari ini setelah libur Lebaran.

Solopos.com, BOYOLALI — Pelayanan publik di kantor-kantor pemerintahan di Kabupaten Boyolali mulai buka kembali pada Rabu (22/7/2015).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Diperkirakan permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Tanda penduduk (KTP), dan sejumlah layanan lainnya akan melonjak.

Camat Sawit, Widodo, mengatakan pada pascalebaran di tahun-tahun sebelumnya, peningkatan permohonan pelayanan terutama KTP dan KK kerap terjadi.

Sebagian besar warga yang bekerja di luar kota mempergunakan kesempatan mudik untuk mengurus kelengkapan administrasi mereka mereka selagi mudik.

Dia mengatakan pada hari pertama sebelum layanan dibuka, biasanya akan diawali dengan acara halalbihalal terlebih dahulu.

“Biasanya yang banyak itu permohonan KTP dan KK. Kan banyak warga yang bisanya pulang hanya sekali setahun, pas Lebaran,” tutur dia saat dihubungi , Selasa (21/7/2015) sore.

Sama halnya dengan layanan publik di kantor pemerintahan, layanan pengurusan SIM di kantor Satlantas Boyolali pun juga buka pada Rabu.

Tak ayal, sejumlah warga perantau yang harus kembali ke perantauan pada Selasa terpaksa gigit jari dan harus meluangkan waktu untuk kembali di masa cuti berikutnya.

Salah satunya dialami oleh salah seorang warga Desa Andong, Kecamatan Andong, Boyolali, Arif, 25. Arif yang sehari-hari bekerja di perusahaan perakitan spare part motor di Cikarang tersebut harus rela berkendara dari Boyolali-Cikarang dengan SMI “mati”.

“Iya mau bagaimana lagi. Kalau sampai kena tilang, iya sudah risiko. Tadi memang tidak ada toleransi, bukanya baru Rabu besok,” ungkap dia saat dijumpai di kantor Satlantas Boyolali.

Kanit Dikyasa Aiptu Arif Mudi membenarkan layanan SIM memang baru dibuka kembali pada Rabu. Dia menjelaskan kebijakan tersebut disesuaikan dengan jam buka Bank BRI yang memang baru buka pada Rabu.

“Kami bukannya libur, tapi karena baik layanan pembuatan maupun perpanjangan SIM itu sifatnya terpadu dengan Bank BRI, maka kami baru mulai buka juga Rabu besok itu, menyesuaikan dengan layanan Bank BRI. Pembayarannya kan melalui BRI,” terang dia, Senin (20/7/2015) siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya