SOLOPOS.COM - Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN – Belasan aktivis Asosiasi Seniman Tradisional Sukowati (Asitras) melakukan audiensi dengan Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, Senin (13/10/2014).

Para pengurus Asitras menyampaikan komitmen mereka mendukung pengembangan kesenian tradisional di Bumi Sukowati. Mereka mendesak Pemkab Sragen meningkatkan dukungan dalam pelestarian kesenian tradisional.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kami menyampaikan harapan kami kepada Bupati untuk mendorong pengembangan kesenian,” ujar Ketua Asitras, Sunarto.

Dia menilai selama ini peran Pemkab dalam mendorong kemajuan kesenian tradisional sudah cukup baik. Tapi, Sunarto melanjutkan, peran Pemkab masih bisa dioptimalkan.

Dia menjelaskan Asitrasi dibentuk Januari 2014 dilatarbelakangi semakin pupusnya kesadaran berkesenian generasi muda. Padahal warga negara asing justru mempelajari kesenian Indonesia.

Menanggapi aspirasi para seniman, Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, menyatakan komitmennya terus berperan dalam pengembangan kesenian.

Orang nomor satu di Bumi Sukowati tersebut mengatakan di dalam tubuhnya mengalir darah seni. Menurut dia selama ini Pemkab Sragen sudah berkomitmen dalam mengembangkan berbagai kesenian tradisional.

Setelah beraudiensi dengan Bupati, rombongan seniman yang tergabung dalam Asitras menggeruduk Kompleks DPRD Sragen. Mereka menemui Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto, untuk meminta komitmen yang sama.

Sementara Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto mengapresiasi positif kesadaran para seniman untuk berpartisipasi aktif dalam pelestarian kesenian tradisional. “Ini bentuk kesadaran mereka membangun Sragen,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya