SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa meninjau sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Mebel di lahan bekas Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, Sabtu (12/8/2023). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO–Pembangunan sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Mebel di lahan bekas Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, rampung. Operasional IKM Mebel menunggu proses pengisian mebel.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan pembangunan sentra IKM Mebel di eks bekas Pasar Mebel Gilingan sudah selesai. Belum ada peresmian pada salah satu dari 17 titik prioritas pembangunan Pemkot Solo tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Peralatan mesin sudah ada, mebelnya yang di-display belum dikeluarkan,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (15/8/2023).

Gibran mengatakan para pelaku usaha yang akan mengisi IKM Mebel masih melakukan pelatihan. Gibran tidak hafal jumlah pedagang yang bakal mengisi IKM Mebel.

Adapun Gibran tidak menghadiri undangan meninjau gedung Sentra IKM Mebel Gilingan, Sabtu (12/8/2023) pukul 15.00 WIB. Pejabat Pemkot Solo yang hadir, antara lain Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Solo Gatot Sutanto.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Solo Tamso, Asisten Administrasi Umum Setda Solo Kentis Ratnawati, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo Wahyu Kristina atau akrab disapa Ina.

Kepala Satpol PP Arif Darmawan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Dwi Ariyatno. Teguh memimpin syukuran pembangunan gedung sentra IKM Gilingan lanjutan 2023. Teguh memotong tumpeng lalu menyerahkan kepada Ina.

Selanjutnya Teguh meninjau sejumlah ruangan di sentra IKM Mebel Gilingan. Sudah ada sejumlah alat penunjang industri mebel.

Bangunan sentra IKM Mebel Gilingan sisi depan dari kaca. Terdapat tulisan Sri Kayu di depan gedung sentra IKM Mebel Gilingan.

Catatan Solopos.com, saat peletakan batu pertama sentra IKM Mebel Gilingan, Selasa (25/10/2022), luas bangunan 4.000 meter persegi di atas lahan 5.750 meter persegi. Bangunan tiga lantai diperuntukkan ruang produksi, ruang promosi, ruang pengelola, joglo, dan landscape atau area terbuka.

Kapasitas sentra IKM Mebel Gilingan minimal untuk 20 pelaku usaha.  Wali Kota Solo tidak hadir pada peletakan baru pertama karena menerima tamu pada waktu bersamaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya