SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Terminal Tirtonadi (dok)SOLO--Kelanjutan pembangunan Terminal Tirtonadi Solo pada tahun 2012 ini diperkirakan terlaksana mulai bulan Mei mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Sudrajad menyatakan pihaknya sejauh ini cukup proaktif untuk mencari kepastian tentang pencairan dana bantuan yang telah dijanjikan pemerintah pusat untuk melanjutkan pembangunan Terminal Tirtonadi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Kami sudah proaktif. Selama ini kami selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat, melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), guna mengetahui kepastian tentang pencairan dana bantuan untuk terminal tersebut,” tegas Herman saat dihubungi melalui Ponselnya, Selasa (6/3/2012). Herman juga memastikan dana senilai Rp10 miliar dari APBN tersebut telah siap. Hanya saja, pihaknya memperkirakan kelanjutan pembangunan Terminal Tirtonadi tersebut baru terlaksana sekitar bulan Mei mendatang. “Sekarang ini baru proses lelang di tingkat pusat. Kemungkinan bulan Mei nanti sudah bisa dibangun,” imbuh Herman.

Lebih lanjut Herman menjelaskan proses lelang dilaksanakan oleh pemerintah pusat mengingat dana itu bersumber dari APBN. Sementara tahun ini, Pemkot hanya mengalokasikan dana pendampingan dari APBD kota senilai Rp1 miliar.

Dihubungi secara terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Supriyanto mengaku selama ini memang tidak ada informasi yang disampaikan Pemkot kepada DPRD terkait kepastian pencairan dana pembangunan Terminal Tirtonadi tersebut. Namun pihaknya berharap kelanjutan pembangunan terminal tersebut bisa segera dilanjutkan tahun ini agar tidak terkesan mangkrak.

“Tentunya kami berharap hal itu bisa segera direalisasikan,” tegasnya.

Supriyanto menyebutkan tahapan pembangunan Terminal Tirtonadi kali ini merupakan tahap ketiga setelah pembangunan itu mulai dilaksanakan tahun 2009 lalu. Tahap pertama pembangunan terminal tersebut telah menelan anggaran sekitar Rp14 miliar. Sedangkan tahap kedua, anggaran yang dikucurkan senilai Rp10 miliar.

Ditemui terpisah sebelumnya, Ketua Komisi III DPRD Kota Solo, Honda Hendarto mengakui pembangunan Terminal Tirtonadi secara bertahap.
(Septhia Ryanthie/JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya