SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo meninjau lahan kosong di Kelurahan Mangkubumen, Banjarsari yang bakal dibangun Rusunawa oleh Pemkot Solo, Jumat (3/2/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Wali Kota menunda pembangunan rumah deret di Ketelan.

Solopos.com, SOLO — Pembangunan rumah deret di Kelurahan Ketelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, yang dijadwalkan digarap pada 2017 ini bakal ditunda. Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo berencana memindahkan warga bantaran Kali Pepe di wilayah Ketelan ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang akan dibangun di Kelurahan Mangkubumen, Banjarsari.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Menurut Rudy, sapaan akrab Wali Kota, detail engineering design (DED) pembangunan Rusunawa di tanah kosong di RT 003/RW 002 Mangkubumen tersebut telah dikerjakan.

Mudah-mudahan bangunan Rusunawa juga bisa segera dikerjakan. Rusunawa untuk relokasi warga bantaran Kali Pepe. Yang Ketelan mungkin ditunda. Nanti mungkin warga bisa masuk di sini [Mangkubumen]. Di sana gur [cuma] orang 12 kok,” kata Rudy saat ditemui di sela-sela meninjau lahan kosong di Mangkubumen yang akan digunakan untuk Rusunawa, Jumat (3/2/2017) pagi.

Rudy menyampaikan Rusunawa di Mangkubumen diprioritaskan untuk menampung warga yang mendirikan rumah di garis sempadan sungai Kali Pepe. Dia menegaskan Pemkot mendorong penyediaan jalan inspeksi selebar 3 meter (m) di sepanjang aliran sungai.

“Rusunawa di Mangkubumen sini untuk warga Mangkubumen sendiri, Ketelan dan sebagainya. Luas lahannya sampai 26.000 meter persegi. Lahan itu adalah tanah persil yang dibebaskan Pemkot. Jadi bukan lahan Penkot. Februari ini kami akan bayar lunas. Baru setelah itu Rusunawa bisa dibangun,” jelas Rudy yang belum bisa menyebut kapasitas penghuni di Rusunawa.

Rudy menampik Rusunawa yang akan dibangun di Mangkubumen diperuntukkan sebagai tempat relokasi warga Kampung Minapadi, Kelurahan Nusukan yang terdampak proyek Penanganan Banjir Kota Solo Paket 3 (Kali Pepe hulu).

Ketua RT 002/RW 002 Mangkubumen, Murawan, mengatakan rencana Pemkot membangun Rusunawa di Mangkubumen telah disosialisasikan kepada warga. Berdasarkan informasi yang dia peroleh, Rusunawa di Mangkubumen bakal diprioritaskan untuk menampung warga RW 001 Mangkubumen yang berada di tepi Kali Pepe.

“Warga tidak masalah ada Rusunawa. Pak Wali juga sudah sosialidasi. Lagi pula Rusunawa akan menampung warga Mangkubumen sendiri, bukan orang asing dari luar. Pembangunan Rusunawan juga saya rasa berdampak juga pada perbaikan infrastruktur oleh pemerintah di sekitar lokasi yang bisa dinikmati warga,” jelas Murawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya