SOLOPOS.COM - Postingan Instagram pemkot_solo terkait informasi vaksinasi mudik Lebaran 2022.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah warga yang bermaksud mengikuti vaksinasi Covid-19 pada momen Lebaran 2022 di Kota Solo dibuat kecele.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo enam hari lalu menginformasikan layanan vaksinasi mudik Lebaran 2022 melalui instagram pemkot_solo. Tertulis ada tujuh lokasi vaksinasi yang ada di Kota Solo, yaitu Terminal Tirtonadi, Klinik Sekar Moewardi, RS Dr. Oen, Graha Wisata Niaga, Klinik Bhayangkara, Benteng Vastenburg dan Pasar Klewer.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Vaksinasi Pasar Klewer rencananya dibuka mulai Minggu (1/5/2022) hingga Senin (9/5/2022) mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB dengan keterangan tanggal merah tetap buka. Sementara vaksinasi di Benteng Vastenburg dibuka pada tanggal yang sama. Namun dengan tambahan jam pelayanan 20.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Salah satu masyarakat, Hary, melalui Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS), Selasa (3/5/2022) menuliskan pengalamannya saat mengakses vaksinasi di dua lokasi tersebut saat tanggal merah. “Berdasarkan surat edaran dan selebaran dan ig, untuk vaksinasi booster di Klewer dan Benteng Vastenberg tanggal merah buka. Saya ke lokasi ga ada kegiatan vaksinasi [libur]. mohon pencerahan,” tulis Hary melalui ULAS.

Selain aduan melalui ULAS, salah satu pengguna instagram, ahmad.baraja, menuliskan hal yang sama. Ia merasa informasi ihwal dibukanya layanan vaksinasi saat tanggal merah tidak sesuai. “Barusan dari Vastenburg, kecele ternyata tanggal merah tutup. Tidak sesuai info,” tulis dia, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga: Vaksinasi Jadi Syarat Pencairan BLT, Begini Antrean Warga di Solo

Berdasarkan observasi Solopos.com, Jumat (6/5/2022), tidak ada pos layanan vaksinasi di Pasar Klewer. Sementara informasi yang diterima melalui personel keamanan, ada beberapa pengunjung yang sempat menanyakan layanan vaksinasi Pasar Klewer. Sementara itu, baru ada pos vaksinasi di area Benteng Vastenburg.

Ihwal tidak adanya pos vaksinasi di Pasar Klewer, Kasi Dokkes Porlesta Solo, Edy Wirastho yang bertugas di Benteng Vastenburg mengonfirmasi kebenarannya. Edy ,mengatakan memang semula ada rencana pengadaan layanan vaksinasi di Pasar Klewer. Namun karena keterbatasan nakes, rencana tersebut belum terlaksana.

Edy menceritakan keterbatasan nakes disebabkan adanya penyaluran sekitar 7.500-an Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) dengan syarat melakukan vaksinasi dulu. Selain itu, beberapa nakes dari Polresta juga bertugas di posko pengamanan mudik di beberapa titik di Kota Solo.

Baca Juga: Lebaran, DKK Solo Pusatkan Layanan Vaksinasi Covid-19 di 2 Lokasi Ini

“Sebelum ambil bantuan itu vaksin booster dulu. Berawal dari situ nakes kita terbatas. Selama tujuh hari yang datang [penerima] tidak selesai. Akhirnya mundur sampai H+ Lebaran sampai kemarin di sana fokus di Klinik Bhayangkara,” jelas Edy saat ditemui Solopos.com, Jumat.

Kondisi tersebut salah satunya membuat layanan vaksinasi di Pasar Klewer belum terlaksana. Namun saat itu flyer atau informasi pembatalan pembukaan layanan vaksinasi Pasar Klewer belum diedarkan. Hal itu mengakibatkan munculnya aduan seperti yang ada di ULAS dan instagram.

Selain itu, jadwal pelayanan vaksinasi di Benteng Vastenburg juga berubah. Edy mengatakan layanan vaksinasi di Benteng Vastenburg yang rencananya hingga pukul 22.00 WIB saat ini berlangsung hingga 15.00 WIB.  Informasi tersebut telah dipublikasikan melalui instagram polrestasurakarta, Rabu (4/5/2022), yakni dua hari dari tanggal rencana pembukaan layanan vaksinasi di Pasar Klewer.

Baca Juga: Polres Sukoharjo Gelar Vaksinasi di Objek Wisata Berhadiah Motor dan TV

“Akhirnya arahan pimpinan kita mengubah [rencana lokasi vaksinasi], sifatnya mendadak yang di flyer belum ada koreksi juga. Setelah [penyaluran] BTPKLW selesai, pimpinan membuat kebijakan pelayanan terfokus di sini [Vastenburg]. Pimpinan juga menganjurkan [layanan vaksinasi] malam untuk pending dulu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya