SOLOPOS.COM - Pemandangan dari sisi timur Jembatan Jurug B Solo yang sudah dibongkar, Rabu (2/11/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Pembongkaran Jembatan Jurug B yang melintang di atas Sungai Bengawan Solo saat ini terus berlanjut dan hampir rampung. Setelah sisi bagian tengah sudah seutuhnya dibongkar, baik struktur baja ataupun lantai jembatan, kini bagian timur jembatan yang berbatasan dengan Karanganyar juga sudah selesai dibongkar.

Dalam pengamatan Solopos.com, Rabu (2/11/2022), bagian timur Jembatan Jurug B juga sudah selesai dibongkar baik lantai jembatan ataupun kerangkanya. Kerangka jembatan juga satu per satu sudah diangkut menggunakan alat berat dan dikumpulkan dalam satu truk. 

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Setelah bagian timur rampung, bagian barat juga sudah mulai dikerjakan dengan membongkar bagian lantai jembatan. Jembatan Jurug B ditargetkan selesai dibongkar total pada bulan ini dan segera memasuki tahap pengerjaan kerangka baru.

Pembongkaran Jembatan Jurug B Solo yang dilakukan memang dipusatkan di bagian tengah sebelum bergeser ke arah timur lalu ke barat. Alasan rute pembongkaran tersebut karena menyesuaikan alur ketika Jembatan Jurug B dibangun dulunya.

General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, menyebut pembongkaran Jembatan Jurug B masih terus berlangsung dengan target pembongkaran seluruhnya rampung November 2022.

Baca Juga: Penampakan Bagian Tengah Jembatan Jurug B Solo, Menganga setelah Dibongkar

“Untuk pembongkaran sejauh ini terus berlangsung, karena sesuai targetnya November 2022 pembongkaran selesai,” ulasnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (2/11/2022).

Sebagai informasi, pembongkaran Jembatan Jurug B Solo yang merupakan salah satu dari 37 Jembatan dengan tipe Callendar-Hamilton (CH) di Pulau Jawa memang sudah saatnya dilakukan. Jembatan Jurug B secara umur sudah melampaui masa pelayanan.

Setelah pembongkaran, struktur baru Jembatan Jurug B akan dibangun dan diharapkan selesai pada Agustus 2023. Jembatan baru nanti menggunakan struktur Steel Box Grider.

Baca Juga: Perbaikan Jembatan Jurug A Solo Disetujui, Lantai Lapuk Berlubang akan Diganti

Struktur ini diklaim memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan struktur CH yang saat ini digunakan di Jembatan Jurug B, selain itu juga memiliki nilai estetika yang lebih baik. Selama perbaikan Jembatan Jurug B, Jembatan Jurug C menjadi tumpuan utama untuk akses keluar masuk Solo-Karanganyar.

Nantinya diharapkan Jembatan Jurug A segera bisa dipakai untuk mengurangi beban Jembatan Jurug C. Operasional Jembatan Jurug A masih menunggu dari keputusan Kementerian PUPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya