SOLOPOS.COM - Pengumuman lomba desain logo hari jadi Kota Solo 2024. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Dewan juri telah menentukan empat nominasi Lomba Desain Logo Hari Jadi ke-279 Kota Solo. Sementara pemenang lomba desain logo bakal diumumkan pada Selasa (30/1/2024) di media sosial (medsos) Pemkot Solo pada pukul 09.00 WIB.

Keempat nominasi lomba desain logo itu menyisihkan ratusan karya dari peserta yang mendaftar. Karya desain logo yang masuk empat besar tak hanya berasal dari Solo melainkan luar Soloraya. Yakni, dua dari Solo dan dua karya berasal dari Gresik, Jawa Timur dan Semarang, Jawa Tengah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Salah satu dewan juri, Sri Hastjarjo, mengatakan Lomba Desain Logi Hari Jadi Kota Solo mengusung tema “Pengembangan Kota Budaya Modern yang Inklusif dan Ramah Lingkungan Berbasis Kolaborasi Lintas Komponen”. Artinya, desain logo harus merepresentasikan tema yang diangkat dalam peringatan Hari Jadi Kota Solo.

“Jumlah pendaftar lomba desain logo sebanyak 708 peserta. Mereka tidak hanya berasal dari Solo melainkan daerah-daerah lain di Tamah Air,” kata dia, saat jumpa wartawan di kompleks Balai Kota Solo, Senin (29/1/2024).

Masing-masing peserta juga diwajibkan mengirimkan file berisi narasi makna karya desain logo yang dibuat. Makna karya desain logo kemudian disinkronkan dengan tema dan karakter Kota Solo.

Dewan juri telah merampungkan proses penilaian masing-masing karya peserta. Dari ratusan karya, ada empat karya yang masuk nominasi empat besar.

Karya keempat peserta itu kembali diuji oleh netizen dalam uji publik di media sosial. Para netizen bisa mengkritisi karya desain logo yang masuk nominasi empat besar.

Hal ini dilakukan untuk mencegah praktik-prkatik plagiat dan sejenisnya. “Salah satu parameter penilaian adalah orisinalitas karya. Biar netizen yang akan mengkritisi apakah karya itu orisinil atau tidak,” kata dia.

Dewan juri lainnya, Irfan Sutikno, menyampaikan lomba desain logo bagian dari handarbeni warga dalam peringatan Hari Jadi Kota Solo. Masyarakat bisa berpartisipasi dengan mengasah kreativitas dan ide yang dituangkan dalam desain logo.

Menurut Irfan, lomba serupa juga digelar pada momentum sama pada tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, dewan juri ingin menunjukkan konsep karya berbeda dibanding loma desain logo pada 2023 atau 2022.

“Empat karya itu akan dipilih langsung oleh Mas Wali [Gibran Rakabuming Raka]. Meski memiliki skor sama dalam bobot penilaian, namun harus ada yang terpilih. Sekali lagi, kami bukan istilah pemenang lomba melainkan yang terpilih lomba desain logo,” ujar dia.

Total hadiah yang bisa diperoleh pemenang lomba adalah Rp16 juta. Pemenang utama akan mendapatkan uang tunai senilai Rp10 juta dan piagam penghargaan. Sebanyak tiga karya finalis terpilih juga akan mendapatkan uang tunai masing-masing Rp2 juta dan piagam penghargaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya