SOLOPOS.COM - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo Dwi Ariyatno. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Presiden Jokowi mengumumkan pembukaan seleksi calon aparatur sipil negara atau ASN pada 2024 mencapai 2,3 juta lowongan. Pemkot Solo sedang menyusun usulan kuota ASN.

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” kata Presiden melalui laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jumat (5/1/ 2024).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dia menjelaskan pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru dengan membuka lowongan calon pegawai sipil negara (CPNS) 2024 sebanyak 690.000 orang, masing-masing di instansi pusat 207.000 dan di instansi daerah 483.000.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN dengan membuka perekrutan sebanyak 1,6 juta lowongan yang belum diangkat sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Menurut dia, perekrutan CASN digelar sebagai upaya pemerintah untuk menghadapi disrupsi teknologi yang pesat. Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja, serta akuntabilitas pemerintah.

“Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang perekrutan calon ASN 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,” ungkap Presiden.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo, Dwi Ariyatno, menjelaskan Pemkot Solo sedang menyusun usulan kebutuhan ASN.

Kebutuhan ASN Pemkot Solo itu akan diusulkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. “Ini baru dikoordinasikan dengan organisasi perangkat daerah terkait,” ujar dia melalui Whatsapp.

Ditanya apakah Pemkot Solo mendapatkan kuota untuk CPNS 2024, Dwi menjelaskan sedang menyusun usulan prioritas kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Catatan Solopos.com, kali terakhir Pemkot Solo membuka perekrutan CPNS pada 2021. Pemkot Solo melakukan seleksi untuk 879 lowongan PPPK pada 2023, masing-masing 505 tenaga pengajar, 264 tenaga kesehatan, dan 110 tenaga teknis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya