SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Sebanyak 459 bakal calon legislator (caleg) untuk DPRD Solo ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS) oleh KPU Solo. Mereka bakal memperebutkan kuota 45 kursi pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

Dari total tersebut, Daerah Pemilihan (Dapil) 5 meliputi Pasar Kliwon-Serengan memiliki jumlah bakal caleg terbanyak yakni 112 orang yang memperebutkan kuota 11 kursi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sementara, Dapil 4 untuk wilayah Jebres memiliki jumlah bakal caleg 106 orang yang memperebutkan 11 kursi. Berdasarkan informasi, di dapil Jebres setidaknya terdapat sejumlah anggota dewan periode saat ini yang kembali nyaleg.

Mereka di antaranya Honda Hendarto dan YF Sukasno dari PDIP serta Umar Hasyim dari PAN. Tidak hanya incumbent, di dapil tersebut juga tercatat nama Ketua DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan KPU Solo, Untung Sutanto, menyampaikan DCS bakal diumumkan di media cetak selama lima hari.

“Nanti DCS ini akan dimuat di media cetak selama lima hari yakni mulai tanggal 13 Juni-17 Juni,” katanya saat ditemui wartawan di KPU Solo, Rabu (12/6/2013).

Untung menjelaskan setelah penyampaian DCS di media cetak, pihaknya menunggu masukan dan tanggapan dari masyarakat terkait DCS yang dijadwalkan 14 Juni-27 Juni.

“Masukan dan tanggapan misalnya terkait syarat caleg apa benar berpendidikan SMA, apa benar tidak pernah menjalani pidana penjara, kalau menjalani pidana penjara lebih dair lima tahun apa persyaratannya sudah lengkap,” terang dia.

Jika ada masukan dan  tanggapan dari masyarakat terkait bakal caleg di DCS, KPU bakal melakukan konfirmasi ke partai sebagai peserta Pileg 2014.

“Nanti klarifikasi kami ke partainya untuk ditindaklanjuti, tahapannya 28 Juni-4 Juli. Untuk penyampaian klarifikasi yakni 5 Juli-18 Juli,” katanya.

Ketua KPU Solo, Didik Wahyudiono, menyampaikan agar partisipasi masyarakat terkait DCS bisa maksimal, pihaknya bakal memasang sejumlah spanduk di lima kecamatan.

“Untuk mengingatkan masyarakat ikut mencermati DCS. Kami berupaya keras agar 459 orang ini diketahui masyarakat agar DCS bisa lebih baik,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya