SOLOPOS.COM - Komisioner KPU Pusat, Idham Holik, saat diwawancara wartawan di sela-sela kunjungan di Kantor KPU Solo di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Jumat (26/1/2024) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Komisioner KPU RI, Idham Holik, menyatakan pihaknya sudah memikirkan langkah-langkah mitigasi bencana alam yang kemungkinan mengancam penyelenggaraan Pemilu 2024. Sebab pesta demokrasi dilakukan di puncak musim penghujan.

“Yang jelas KPU sudah memikirkan langkah-langkah mitigasi bencana, untuk memastikan pemungutan dan penghitungan suara sesuai dengan yang direncanakan. KPU terus berkoordinasi dengan semua pihak,” tutur dia saat diwawancara wartawan di sela-sela kunjungan di Kantor KPU Solo di Sumber, Banjarsari, Minggu (26/1/2024).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Menurut Idham, sejauh ini semua permasalahan teknis penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat ditangani dengan baik. Termasuk penyiapan kebutuhan logistik di semua daerah.

“Sampai hari ini semua permasalahan dapat ditangani dengan baik, termasuk kebutuhan logistik sudah terpenuhi dengan baik. KPPS juga sudah dilantik,” kata dia.

Ihwal penyaluran suara penyandang disabilitas, menurut Idham akan diberikan pelayanan kepada mereka. Dia memastikan seluruh petugas KPPS sudah paham akan tugas dan siap memberikan pelayanan terbaik.

“Kami akan berikan pelayanan kepada pemilih disabilitas. Insya Allah rekan KPPS sudah siap untuk melayani mereka,” imbuh dia.

Disinggung ketersediaan template surat suara Pemilu 2024, Idham mengatakan template surat suara bagi penyandang disabilitas hanya diperuntukkan Pemilu Presiden dan Wapres, serta pemilihan DPD RI.

Template surat suara untuk rekan disabilitas hanya diperuntukan untuk Pemilu Presiden dan Wapres, serta anggota DPD RI,” sambung dia.

Sementara, untuk Pemilu DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota, penyandang disabilitas akan diberikan asistensi atau bantuan pelayanan memilih.

“Itu akan diberikan asistensi atau bantuan pelayanan memilih. Bisa oleh keluarga, orang terpercaya, dan anggota KPPS. Insya Allah tidak ada masalah untuk penyaluran suara,” terang dia.

Kedatangan Idham ke Solo untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 oleh KPU Solo. “Saya sangat mengapesiasi, semua berjalan dengan baik. Tidak bermaksud apa, tapi mata kepala saya melihat sendiri. Semua berjalan baik,” ujar dia.

Idham juga mengapresiasi jajaran KPU Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang memberikan bimbingan dan arahan kepada KPU kabupaten/kota. “Patut kami berikan apresiasi sebesar-besarnya kepada KPU Solo dan tentu KPU Jateng,” urai dia.

Selain mengecek kesiapan secara umum KPU Solo, Idham memantau bimbingan teknis terhadap para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dia sempat berbincang dengan sejumlah anggota KPPS di sela-sela bimtek.

“Hari ini saya melihat langsung bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara untuk KPPS di Solo. Tadi saya telah bertemu peserta bimtek. Untuk penyelenggara Pemilu 2024, seluruh anggota KPPS diberikan Bimtek,” terang dia.

Menurut Idham, Bimtek bagi KPPS sangat penting agar mereka benar-benar memahami aturan penyelenggaraan Pemilu 2024. Dengan begitu mereka benar-benar siap dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pemilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya