SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilu/pilkada. (Solopos/dok)

Solopos.com, SUKOHARJO — Jumlah pemilih pada Pemilu 2024 mendatang di Sukoharjo diperkirakan mencapai 700.000 orang. Saat Pilkada Sukoharjo akhir 2020, daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo sebanyak 660.487 orang.

Hal ini diungkapkan Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sukoharjo, Cecep Choirul Sholeh, di sela-sela diskusi persiapan tahapan Pemilu 2024 di RM Damar Roso, Selasa (28/12/2021). Menurut Cecep, jumlah DPT saat Pemilu 2024 diperkirakan sekitar 700.000 orang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Ini estimasi perkiraan setelah melakukan sinkronisasi data kependudukan dari KPU Pusat. Ada rentang waktu tiga tahun ke depan sehingga ada penambahan jumlah DPT saat Pemilu 2024,” katanya, Selasa.

Baca Juga: Pelaku Perjalanan Diperiksa Lebih Ketat saat Masuk Wilayah Sukoharjo

Cecep menyebut estimasi perkiraan daftar pemilih tetap Pemilu 2024 di Sukoharjo lebih besar dibanding jumlah DPT saat Pilkada Sukoharjo yang sebanyak 660.487 orang. Perinciannya, pemilih laki-laki sebanyak 326.627 orang dan pemilih perempuan sebanyak 333.860 orang.

Penambahan jumlah pemilih dipengaruhi banyaknya pemilih pemula seperti pelajar yang telah berusia 17 tahun dan anggota TNI-Polri yang memasuki masa pensiun. “Data kependudukan bersifat dinamis. Ada perpindahan domisili yang masuk ke Sukoharjo dan sebaliknya,” ujarnya.

Bertambahnya jumlah pemilih pada Pemilu 2024 di Sukoharjo otomatis berdampak pada penambahan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 167 desa/kelurahan. Jumlah TPS pada Pemilu 2024 diperkirakan bertambah menjadi 1.907 TPS. Saat Pilkada Sukoharjo, jumlah TPS sebanyak 1.775 TPS.

Baca Juga: Jam Buka PKL Sukoharjo Dibatasi pada Malam Tahun Baru

Pemutakhiran Data Pemilih

KPU Sukoharjo terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sukoharjo guna meminimalkan beragam persoalan data pemilih. Hal ini bagian dari persiapan pelaksanaan tahapan pemilu.

“Pemutakhiran data pemilih dilakukan menjelang pelaksanaan pemilu. Kami masih menunggu kepastian jadwal tahapan pemilu dari KPU Pusat,” papar dia.

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyatakan penetapan tahapan Pemilu 2024 masih tarik ulur di tingkat pusat. Hingga penghujung tahun, belum ada keputusan waktu pelaksanaan pemungutan suara sepanjang 2024.

Baca Juga: Petani di Sukoharjo Empat Kali Tanam Setahun Menuju Swasembada Beras

Pemilihan presiden, pemilihan anggota legislatif serta pemilihan kepala daerah secara serentak menjadi tantangan terbesar demokrasi pada tiga tahun mendatang. Rancangan tahapan pemilu pernah disampaikan KPU Pusat yakni pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota dilaksanakan pada 21 Februari 2024.

Sementara pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada 27 November 2024. “Kami menunggu hasil pembahasan antara pemerintah, DPR dan KPU Pusat terkait waktu dan tahapan Pemilu 2024,” kata Nuril.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya