SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintas di jalan Tasikmadu-Dagen di wilayah Kecamatan Tasikmadu yang rusak, beberapa waktu lalu. Rencananya, ruas jalan tersebut akan diperbaiki akhir 2022 ini. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com KARANGANYAR—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan memperbaiki enam ruas jalan yang sebagian adalah jalur wisata.

Jalan tersebut adalah ruas di wilayah Kecamatan Ngargoyoso, tepatnya Sudimoro-Candi Sukuh, di wilayah Kecamatan Gondangrejo pada ruas Tuban-Wonosari, dan di wilayah Kecamatan Tasikmadu dan Jaten ada ruas Tasikmadu-Dagen.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Selanjutnya di wilayah Karanganyar dan Mojogedang ada ruas Beji sampai Pojok, Gebyok-Munggur, dan di Kebakkramat ada ruas Macanan-Pulosari.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU PR) Karanganyar, Margono, menjelaskan tiga jalan akan diperbaiki tahun ini atau di masa penganggaran APBD 2022 Perubahan, sedangkan tiga lainnya dilakukan tahun berikutnya dengan sumber dana APBD 2023.

“Di [APBD] Perubahan yang diperbaiki Ngargoyoso jalan Sudimoro-Candi Sukuh sepanjang sekitar 1 kilometer [km], dengan dana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah lewat Bantuan Keuangan (Bankeu) senilai sekitar Rp6 miliar. Nanti jalan itu dicor dan ada yang diaspal,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Kemudian jalan Tuban-Wonosari yang diperbaiki sepanjang sekitar 1,2 km dengan konstruksi beton plus aspal senilai sekitar Rp6 miliar.

Sedangkan ruas Tasikmadu-Dagen sepanjang sekitar 800 meter akan diaspal dengan anggaran sekitar Rp1,6 miliar.

Untuk perbaikan jalan pada 2023, ruas Beji-Pojok akan dibeton. Demikian pula dengan Gebyok-Munggur akan dibeton. Sedangkan ruas Macanan-Pulosari akan diaspal. “Saat ini ketiga paket pekerjaan ini masih kami desain,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa Pemkab memprioritaskan perbaikan jalan-jalan tersebut karena menjadi jalur wisata. Di Ngargoyoso merupakan jalur wisata menuju ke kawasan kebun teh Kemuning, Tuban-Wonosari merupakan jalur wisata ke Museum Sangiran Klaster Dayu,

“Yang diperbaiki ini ada yang jalurnya memang menuju ke destinasi wisata dan kondisinya saat ini sudah rusak sehingga perlu diperbaiki. Sedangkan jalan lainnya yang diperbaiki ini menghubungkan ke jalur wisata tersebut,” imbuh dia.

Margono berharap pekerjaan proyek tersebut dapat berjalan lancar sehingga masyarakat segera dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya