SOLOPOS.COM - Ilustrasi kembang api saat perayaan tahun baru. Pemkab Boyolali mengizinkan penyalaan kembang api saat acara tahun baru di Boyolali. (Freepik.com)

Solopos.com, BOYOLALI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali tidak menyelenggarakan perayaan atau acara tahun baru dengan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Namun, Pemkab mengizinkan warga dalam perayaan tahun baru 2023 untuk menyalakan kembang api.

Meski demikian, ada beberapa rangkaian acara yang bisa dimanfaatkan warga untuk memeriahkan perayaan akhir tahun di Boyolali.  Misalnya rangkaian HUT ke-72 DPRD Boyolali, dan pagelaran wayang selama tujuh hari di Balai Sidang Mahesa Boyolali ddengan lakon Bharatayuddha.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Untuk rangkaian HUT DPRD tanya Pak Ketua, tapi untuk yang di Balai Mahesa ada wayangan mulai tanggal 14 Desember – 21 Desember lakon Bharatayuddha,” terang Sekda Boyolali, Masruri, kepada Solopos.com dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 DPRD Boyolali, Jumat (16/12/2022).

Lebih lanjut, Masruri, mempersilakan warga merayakan peralihan tahun 2022-2023 tersebut di desa masing-masing. “Enggak ada [larangan menyalakan kembang api], biar saja. Kembang api juga yang beli mereka sendiri, aman,” terang Sekda Boyolali, Masruri.

“[Acara bisa di desa masing-masing] Agar tidak terpusat di kota lah, agar desa-desa gantian yang ramai,” tambah Masruri.

Sebelumnya diberitakan, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) atau Hari Jadi yang ke-72, DPRD Boyolali akan menggelar serangkaian acara pentas mulai Jumat – Kamis (16 – 29/12/2022).

Penyanyi Abah Lala dan Yeni Inka akan diundang untuk menghibur masyarakat, Minggu (18/12/2022).

Ketua DPRD Boyolali, Marsono, mengungkapkan sejumlah persiapan terus dilakukan untuk membuat acara yang mampu mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Hari jadi ini sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, yang membedakan sekarang kami sudah ada artis nasional, Abah Lala. Kami mencoba atas nama lembaga akan memberikan apresiasi kepada beliau dan akan kami persembahkan untuk masyarakat pada kegiatan jalan sehat tanggal 18 nanti,” ujar Marsono dalam acara publikasi Hari Jadi DPRD Boyolali di Gelanggang Anuraga, Sabtu (10/12/2022).

Selanjutnya pada Kamis (29/12/2022) malam akan ada wayangan dengan dalang dari Rembang, Ki Sigit Arianto di pelataran Gedung DPRD Boyolali.

Tak hanya itu, akan disediakan pula belasan angkringan yang bisa diakses warga secara gratis dalam wayangan tersebut. Serangkaian acara HUT tersbeut bisa juga dijadikan sebagai referensi perayaan tahun baru di Boyolali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya