SOLOPOS.COM - Ilustrasi angkutan Lebaran gratis. (www.antaranews.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Program mudik gratis kembali diadakan Pemkab Karanganyar pada tahun ini, setelah tiga tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Sebelas unit bus disiapkan Pemkab Karanganyar untuk mengangkut para pemudik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar, Bambang Prasetyo, mengatakan sembilan bus disediakan Pemkab Karanganyar dan dua lainnya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Sembilan bus sesuai petunjuk nanti pemberangkatan dari Taman Mini [Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur] pada 15 April 2023. Kemudian dua bus back up dari provinsi, pemberangkatannya tanggal 17 April. Tempatnya di mana masih dikoordinasikan,” kata dia, Kamis (9/3/2023).

Program mudik gratis disiapkan Pemkab untuk mengakomodasi perantau Karanganyar yang bekerja di wilayah Jabodetabek. Pemkab menggandeng Paguyuban Warga Karanganyar (Pagaranyar) yang akan mewadahi warga di perantauan untuk mudik Lebaran.

Biasanya untuk bus mudik gratis program pemprov, penumpang akan diturunkan di di Terminal Tirtonadi, Solo. Sedangkan program mudik gratis Pemkab Karanganyar akan diturunkan di Alun-alun Karanganyar. “Untuk pendaftaran masih dikoordinasikan,” katanya.

Kali terakhir program mudik gratis digelar Pemkab pada 2019 lalu. Kemudian sejak itu program mudik ditiadakan karena kebijakan Pemerintah Pusat saat itu terkait larangan mudik karena pandemi Covid-19. Bambang mengatakan program mudik gratis akan diumumkan Pemerintah dalam waktu dekat. Sehingga warga yang membutuhkan untuk ikut program mudik gratis bisa mencermati pengumuman tersebut.

Bambang menyebut pihaknya juga akan menyediakan fasilitas untuk pengiriman kendaraan maupun barang milik peserta program mudik gratis 2023. Penyediaan layanan mudik gratis ini akan dilakukan Pemkab Karanganyar dengan penunjukkan langsung.

Koordinator Pagaranyar, Sukirdi Suryo, mengatakan jumlah perantau asal Karanganyar mencapai 35.000 orang. Jumlah bus yang disediakan dalam program mudik gratis yang disediakan Pemkab pada tahun ini menurun drastis dibanding terakhir di 2019 lalu. Di mana di 2019 ada 32 unit bus yang disediakan Pemkab Karanganyar.

“Tahun ini hanya sembilan bus mudik gratis dari Pemkab dan dua dari provinsi. Meski jumlahnya menurun, kami tetap berterima kasih kepada Pemkab Karanganyar,” katanya.

Saat ini, pihaknya telah membentuk kepanitiaan program mudik gratis 2023. Kepanitiaan tersebut dibentuk dengan melibatkan 15 komunitas paguyuban warga Karanganyar di wilayah Jabodetabek. Program mudik gratis Pemkab diutamakan bagi warga ber-Kartu Tanda Penduduk (KTP) Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya