SOLOPOS.COM - Sebelumnya, jembatan utama penghubung Nglurah dengan kota Tawangmangu tersebut putus diterjang derasnya arus sungai pada Jumat (21/10/2022) sore. (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bupati Karanganyar Juliyatmono meminta warga Nglurah, Tawangmangu bersabar terkait kondisi jembatan Kali Gembong yang ambrol pada Jumat (21/10/2022) petang.

Bupati telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) setempat untuk membangun jembatan darurat. Pembangunan jembatan darurat ini akan dialokasikan melalui pos dana tak terduga APBD Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“DPU sudah saya minta cek ke lokasi (jembatan Kali Gembong di Nglurah yang ambrol). Saya minta penanganan cepat dengan bangun jembatan darurat,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (23/10/2022).

Bupati mengatakan pembangunan jembatan darurat dikerjakan agar warga tetap bisa mengaksesnya sehingga tak perlu memutar lebih jauh lagi. Namun jembatan darurat sementara diperuntukkan khusus bagi kendaraan roda dua. Sementara untuk mobil dan lainnya bisa memutar melewati jalur lainnya.

“Sementara jembatan darurat dulu. Nanti di tahun depan kita anggarkan untuk jembatan permanen,” katanya.

Baca juga : Jadi Akses Utama, Warga Nglurah Tawangmangu Bangun Jembatan Darurat

Dalam membangun jembatan permanen ini, Pemkab akan mengecek terlebih dahulu status jalannya. Apakah berstatus jalan kabupaten atau provinsi. Apabila berstatua jalan provinsi, maka pembangunannya akan diajukan melalui APBD Provinsi Jawa Tengah.

Bupati mengapresiasi kedatangan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo ke lokasi jembatan Kali Gembong sehari setelah jembatan tersebut ambrol.

“Kalau Gubernur sudah berkunjung ya segera kita tindaklanjuti administrasi surat menyurat. Kita laporkan kondisi terputusnya jembatan. Tapi tentu kita lihat statusnya. Kalau itu milik provinsi ya dikerjakan provinsi,” katanya.

Diketahui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, gerak cepat (gercep) dengan mendatangi jembatan Kali Gembong di Lingkungan Nglurah, Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar yang ambrol.

Baca juga : Gercep, Ganjar Cek Jembatan di Nglurah Tawangmangu yang Putus

Ganjar datang Sabtu (22/10/2022) sekitar pukul 17.00 WIB atau hanya sehari setelah jembatan itu ambrol pada Jumat (21/10/2022) sore. Ganjar berada di lokasi tersebut selama sekitar 30 menit.

Kepala Lingkungan Nglurah, Ismanto Hartono, mengatakan selama di sana Ganjar mengamati bagian-bagian jembatan yang rusak. Ia juga memeriksa jembatan darurat dari bambu yang dibuat warga.

Jembatan darurat itu dibangun pada Sabtu (22/10/2022) pagi oleh warga dibantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, dan sukarelawan. Jembatan darurat dibuat dengan 10 batang bambu petung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya