SOLOPOS.COM - Surat pengumuman lowongan Sekda Karanganyar. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar membuka lowongan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda). Pasalnya dua bulan lagi Sutarno yang saat ini menjabat Sekda akan memasuki masa pensiun.

Lelang terbuka jabatan sekda secara resmi diumumkan oleh panitia seleksi jabatan tersebut. Hal itu tertuang dalam surat pengumuman Nomor:04/Pansel.JPTP.Sekda.Kra/XIl/2022 tentang Seleksi Secara Terbuka dan Kompetitif Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Karanganyar 2022.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyerahkan sepenuhnya proses seleksi jabatan sekda ke panitia seleksi yang terdiri atas unsur akademisi, tokoh masyarakat, dan Pemkab Karanganyar. “Tanyakan langsung ke Pansel. Sudah ditunjuk panselnya,” katanya ketika dicegat Solopos.com, di GOR RM Said pada Jumat (16/12/2022).

Saat ditanya lebih lanjut bagaimana mekanisme seleksi Sekda, Bupati yang akbran disapa Yuli itu mengatakan tidak tahu. Termasuk saat didesak bagaimana calon sekda yang diinginkannya, Yuli juga enggan mengatakannya.

Nek sudah diumumkan berarti ya itu. Tanyakan ke pansel. Kok seneng desak-desak aku,” jawab Yuli.

Baca Juga: Sekda Karanganyar Pensiun Februari 2023, Pemkab Segera Buka Lowongan

Sebelumnya, Bupati Juliyatmono pernah mengatakan tidak ada kriteria khusus bagi calon sekda baru. Sekda terpilih adalah mereka yang memenuhi syarat sesuai peraturan berlaku.

Sing penting memenuhi syarat. Tidak ada kriteria-kriteria,” kata Bupati dijumpai seusai Pembekalan Pra Purna Tugas dan Penyerahan Surat Keputusan (SK) Pensiun Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Karanganyar di Hotel Tamansari, Selasa (1/11/2022).

Selain pengisian sekda, Bupati juga tengah menyiapkan seleksi untuk mengisi jabatan eselon II yang kosong. Kekosongan jabatan tersebut karena pejabat yang bersangkutan pensiun. Beberapa jabatan ini di antaranya Staf Ahli 1, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dan Kepala Dinas Koperasi UMKM.

Saat itu, Yuli mengatakan ASN purna tugas merupakan hal biasa. Ia pun menyemangati pada ASN yang purna tugas untuk terus produktif sehingga lebih bermanfaat.

Baca Juga: Seleksi Kepala Disparpora Karanganyar Disetop, Ini Sebabnya

Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Karanganyar, Suprapto, mengatakan ada 133 ASN di lingkup Pemkab yang memasuki masa pensiun periode Januari-Maret 2023. Di antaranya termasuk Sekda Sutarno dan Asisten III Setda Karanganyar Sujarno. Mereka mendapat pembinaan dari Bupati Karanganyar Juliyatmono sebelum memasuki masa pensiun.

“Ada 133 yang akan pensiun periode Januari-Maret 2023. Rinciannya dua pejabat eselon II, sisanya eselon III dan IV. Paling banyak guru yang pensiun, jumlahnya ada 90 orang,” katanya.

Disingung perekrutan sekda, dia mengatakan terlebih dahulu akan dibentuk pansel. Pansel perekrutan sekda ini biasanya baru dibentuk setelah pejabat tersebut pensiun. Pansel untuk perekrutan sekda pun akan dipisahkan dengan pansel pengisian jabatan eselon II.

“Jadi nanti berdiri sendiri pansel sekda dan pansel eselon II,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya