SOLOPOS.COM - Objek Wisata Kolam Renang Kartika Sragen dirombak wajahnya dengan anggaran Rp1,4 miliar, Sabtu (19/8/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Setelah dipoles dengan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp3,3 miliar pada 2022, Kolam Renang Kartika milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen masih bersolek lagi. Wajah depan objek wisata yang terletak di Jl. Veteran Kroyo, Karangmalang, Sragen, itu dirombak total dengan anggaran Rp1,4 miliar pada 2023.

Pada tahun lalu pembangunan kolam renang menyasar sejumlah item, seperti plaza kuliner, plaza pengunjung, pembangunan 10 unit gazebo, tempat ibadah, jalur pedestrian, toilet, area parkir, tempat pengolahan sampah reuse, reduce, dan recycle (TPS3R) serta lanskap. Pembangunan tersebut diresmikan pada pertengahan Desember 2022 oleh Bupati Sragen. Meskipun fasilitasnya baru, tarif tiket masuknya hanya Rp5.000 per orang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sragen, Joko Hendang Murdono, Sabtu (19/8/2023), mengungkapkan pada 2023 ini ada alokasi pembangunan untuk kolam renang Kartika senilai Rp1.408.306.000. Dana tersebut digunakan untuk membangun sembilan kamar mandi dan dua kamar bilas untuk dewasa; 10 kamar mandi  dan satu kamar bilas anak-anak.

“Selain itu dana 1,4 miliar itu digunakan untuk pembangunan pagar depan membentuk huruf L, jadi dari utara ke selatan kemudian belok ke timur. Bangunan utama depan juga dirombak. Nanti bangunan itu difungsikan untuk ticket and information center (TIC) dan aula pertemuan,” jelasnya.

Fokus pembangunan tahun ini adalah pada perubahan wajah Kolam Renang Kartika. Gapura gerbang masuk juga diperbaiki. “Proyek itu sudah proses pekerjaan yang ditargetkan selesai 120 hari kalender. Sesuai kontraknya mulai 26 Juni 2023 dan berakhir di 23 Oktober 2023,” jelas Joko.

Ia mengungkapkan selama proyek pembangunan berjalan, kolam renang masih tetap dibuka untuk umum. Proses pembangunan tidak akan mengganggu operasional kolam renang. “Animo pengunjungnya masih normal, biasa seperti sebelumnya,” jelas Joko.

Kabid Destinasi Pariwisata Disporapar Sragen, Y. Wahyu Aji Widodo, menyampaikan progres pekerjaan pembangunan Kolam Renang Kartika saat ini 22%. Progres itu positif karena melebihi target kumulatif pekerjaan yang direncanakan. “Selesainya diharapkan pada akhir September atau awal Oktober,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya